Kamis, 17 Oktober 2019

PEKANBARU

Kondisi Keuangan Tak Sehat, PDAM Tirta Siak Gandeng Investor Benahi Sistem Penyaluran Air ke Pelanggan

news24xx


Direktur PDAM Pekanbaru Kemas Yusferi. Foto: Surya/Riau1. Direktur PDAM Pekanbaru Kemas Yusferi. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Kondisi keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak dalam kondisi tak sehat saat ini. Untuk memperbaiki keuangan, PDAM akan menggandeng investor guna membenahi penyaluran air ke pelanggan.

Direktur PDAM Pekanbaru Kemas Yusferi di kantor wali kota, Rabu (9/10/2019), mengatakan, ia baru saja rapat tahunan dengan dewan pengawas. Rapat membahas beberapa temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Riau.

"Biasanya, temuan BPKP itu berkaitan dengan kinerja, pelayanan, dan hal-hal lainnya selama 2018. Tapi sebenarnya, PDAM belum dalam kondisi sehat," ujarnya.



BACA JUGA : Warga Tak Mampu di Pekanbaru Dapat Bantuan Sembako Senilai Rp110.000 Tiap Bulan

Iklan Riau1

Dalam waktu dekat, PDAM akan membuat Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Kerja sama sama ini guna meningkatkan kinerja PDAM sebagai kebanggaan pemerintah daerah dan masyarakat Pekanbaru. 

"Untuk proyek ini, kami dibantu oleh Kementerian Keuangan dan sudah mendapat dukungan tertulis dari Menteri Keuangan. Kami sedang menyusun skema perjanjiannya," ungkap Kemas.



BACA JUGA : 9 Bulan Dibangun, Gedung Serbaguna-Rumah Duka HBT Pekanbaru Akhrinya Diresmikan

Skema perjanjian ini akan dibagikan kepada para investor agar bisa dibaca. Dengan begitu, investor akan menyusun dokumen sesuai persyaratan.

"Insya Allah, penawaran kerja sama ini akan kami tayangkan pada bulan November. Saat ini, sudah ada enam calon investor yang mendaftar di prakualifikasi," sebut Kemas.

Proses lelang akan dimulai pada bulan November. Dengan kerja sama ini, maka sambungan baru bisa ditambah hingga 68 ribu pelanggan.





Loading...