Pemko Pekanbaru Akan Bangun Trotoar dari Pasar Sukaramai ke Kawasan Pasar Kodim, PKL Jalan Teratai Siap-Siap Digusur

4 Oktober 2019
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru akan membangun trotoar dari Pasar Sukaramai hingga ke Pasar Kodim. Dengan pembangunan ini, maka para pedagang kaki lima (PKL) do sepanjang Jalan Teratai bakal digusur dan direlokasi ke lahan yang telah disiapkan.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus di kediamannya, Jumat (4/10/2019), mengatakan, ia telah merencanakan pembangunan trotoar dari Pasar Sukaramai ke Pasar Kodim. Karena, trotoar yang ada saat ini belum maksimal. 

"Kami akan membangun trotoar hingga ke Jalan Teratai dan Jalan Cempaka. Para pedagang di dua jalan tersebut akan kami pindahkan ke tempat penampungan di kawasan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Pekanbaru Jalan Ahmad Yani," ujarnya.

Awalnya, di lingkungan SDN 1 Pekanbaru ada dua SDN lainnya. Tiga sekolah ini sudah digabung menjadi satu saat akan melakukan penerimaan murid baru kemarin. 

Ternyata, anak didik yang mendaftar juga tak mencukupi kuota. Melihat kondisi ini, SDN 1 tidak bisa dipertahankan lagi dalam waktu yang lama. 

"Tahun depan, SDN 1 Pekanbaru ini akan kami gabungkan dengan SDN terdekat," ucap Firdaus.

Perlu diketahui, SDN di lima kecamatan sekitar pusat kota telah mengalami penggabungan dengan SD lain. Karena kawasan lima kecamatan itu telah tumbuh menjadi kawasan bisnis. Lima kecamatan tersebut antara lain, Senapelan, Limapuluh, Sukajadi, Sail, dan Pekanbaru Kota.

Jadi, perumahan penduduk di tengah kota tak memiliki lagi anak usia sekolah. Pada umumnya, kawasan penduduk di tengah kota hanya dihuni orang-orang dewasa. 

"Anak cucu mereka sudah tinggal di luar lima kecamatan itu. Jadi, SDN di lima kecamatan ini tak lagi memiliki murid yang banyak," jelas Firdaus.