Dompet Dhuafa Dan TDA Ringankan Penderita Kabut Asap Di Pinggiran Kota Pekanbaru

22 September 2019
Masyarakat Kelurahan Melebung Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru mendapatkan layanan kesehatan dari Dompet Dhuafa Riau bersama Komunitas Tangan Diatas (Foto: Istimewa)

Masyarakat Kelurahan Melebung Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru mendapatkan layanan kesehatan dari Dompet Dhuafa Riau bersama Komunitas Tangan Diatas (Foto: Istimewa)

RIAU1.COM - Masyarakat yang terdampak kabut asap akibat terpapar pembakaran hutan dan lahan di Kelurahan Melebung Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru mendapatkan layanan kesehatan dari Dompet Dhuafa Riau bersama Komunitas Tangan Diatas (TDA), Sabtu, 21 September 2019.

Ketua Komunitas TDA Rini Shabrina mengatakan aksi ini merupakan bentuk sosial dan berbagi rezeki untuk membantu warga yang terdampak kabut asap.

"Kami berharap ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," sebutnya. Komunitas yang terdiri dari para pengusaha ini juga turun kelapangan dengan membagikan masker, oksigen, dan makanan sehat.


Pada kesempatan yang berbeda Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau Ali Bastoni mengatakan bahwa layanan pengobatan gratis ini akan terus dilakukan di beberapa titik di kota Pekanbaru dan beberapa kabupaten, kota lainnya.

"Pada saat pengobatan gratis ini ditemukan warga yang mendapatkan perawatan intensif, maka Dompet Dhuafa Riau akan merujuknya kerumah sakit Lancang Kuning Dompet Dhuafa di Jalan Ronggowarsito Ujung Kota Pekanbaru.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam tersebut melayani pasien orang dewasa sebanyak 93 orang dan pasien anak-anak 32 Orang. 

Aksi layanan kesehatan berupa pengobatan gratis tidak hanya dilakukan di kelurahan Melebung Kecamatan Tenayan Raya saja. Hari ini, 22 September 2019 mereka juga melakukan aksi pengobatan gratis di jalan karya bakti (Rusunawa eks lokalisasi) Kelurahan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru.

Kepala Lurah Melebung Iin Sarudin mengatakan bantuan yang diberikan memudahkan masyarakat karena lokasi mereka yang jauh dari pusat kota Pekanbaru.

"Kami sangat berterimakasih kepada Dompet Dhuafa Riau dan Komunitas Tangan Diatas. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga kami. Karena lokasi kami yang sangat jauh dari kota Pekanbaru, membuat kami sulit mendapatkan layanan kesehatan, apalagi saat kabut asap seperti ini, tak sanggup warga untuk pergi jauh-jauh berobat. Hari ini warga bisa langsung berobat tak jauh dari tempat tinggal mereka," sebutnya.

Dompet Dhuafa Riau juga memiliki Safe House (Rumah Aman) Di kantor Graha Zakat Dompet Dhuafa Jalan Arifin Ahmad Ujung Pekanbaru untuk warga yang ingin mengungsi akibat kabut asap.