Kamis, 14 November 2019

PEKANBARU

RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Tidak Sediakan Fasilitas Khusus Bagi Penderita ISPA

news24xx


Kabut asap makin tebal di Pekanbaru, Kamis (12/2019). Foto: Riau1. Kabut asap makin tebal di Pekanbaru, Kamis (12/2019). Foto: Riau1.

RIAU1.COM -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru tidak menyediakan fasilitas khusus bagi penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Pasalnya, penderita ISPA cukup dirawat di klinik atau puskesmas.

Salah seorang dokter jaga yang ditemui di Instalasi Gawat Darurat RSUD Arifin Achmad, Kamis (12/9/2019) pagi, mengatakan, pihaknya belum ada menerima rujukan penderita ISPA dari puskesmas yang tersebar di Pekanbaru. Penderita ISPA jarang dirujuk ke rumah sakit.



BACA JUGA : Program Tol Laut Dituding Memonopoli, Menhub Dikritik Habis-Habisan oleh Komisi V DPR

Iklan Riau1

"Pasien yang menderita ISPA biasanya hanya berobat ke klinik atau puskesmas. Sampai saat ini, kami belum ada menerima rujukan pasien ISPA.



BACA JUGA : Proyek IPAL Bikin Resah Warga Pekanbaru, Kemen PUPR Akan Tutup Bekas Galian dengan Aspal

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Muhammad Amin mengatakan, kami sudah memiliki pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di setiap kecamatan. Puskesmas di tiap kecamatan terdiri dari dua atau tiga puskesmas. 

"Di Kecamatan Tampan itu ada tiga puskesmas. Makanya, kalau ada warga yang menderita ISPA bisa ke puskesmas. Kami sudah menyiapkan petugas yang ahli di bidangnya," ujarnya.





Loading...