Seluruh PNS Diwajibkan Bayar PBB, Pendapatan Bapenda Pekanbaru Meningkat Tajam

Seluruh PNS Diwajibkan Bayar PBB, Pendapatan Bapenda Pekanbaru Meningkat Tajam

25 Agustus 2019
Kepala Bapenda Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Bapenda Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Berbagai cara dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota dalam meningkatkan pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan. Mulai dari penghapusan denda hingga mewajibkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) melunasi pajaknya.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Sabtu (24/8/2019), mengatakan, Pemko Pekanbaru memberikan stimulus atau keringanan PBB selama empat tahun. Pada tahun kelima ini, Bapenda gencar menarik PBB.

"Saat ini, kami tak hanya menarik pajak tanahnya saja tapi juga pajak bangunannya. Sejak dicabutnya stimulus PBB, kami menerapkan penghapusan sanksi atau denda PBB," ungkapnya.

Jadi, seluruh sanksi administrasi dihapuskan sejak PBB diterbitkan. Wajib pajak hanya cukup membayar pajak pokok. Hal ini berlaku hingga 31 Agustus 2019.

"Itulah penyebab PBB kita meningkat. Tadinya kami berpikir, masyarakat enggan membayar pajak," jelas Ami, sapaan akrabnya.

Kekhawatiran bahwa warga Pekanbaru enggan membayar pajak dinilai Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB. Kedua, ada pikiran masyarakat bahwa membayar pajak itu susah, ribet, dan rumit. Ketiga, ada wajib pajak yang memang tidak mau membayar.

Loading...

"Rupanya, banyak juga warga Pekanbaru membayar pajak. Hal ini ditunjukkan dengan pendapatan PBB yang meningkat tajam," sebut Ami.

Peningkatan pendapatan dari PBB ini dilakukan dengan berbagai cara. Bapenda mencetak semua SPPT di bulan Februari 2019. Pada 1 Maret, SPPT PBB yang sudah dicetak diserahkan ke seluruh camat. 

"Para camat menyebarkan kepada para lurah. Dan, lurah membagikan kepada ketua RT dan ketua RW," ucap Ami.

Di samping itu, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer juga sudah menerbitkan surat edaran agar seluruh PNS wajib melunasi PBB sebelum insentifnya dibayarkan. Jadi artinya, PNS Pemko Pekanbaru menjadi contoh bagi masyarakat.