Jumat, 20 September 2019

PEKANBARU

Wali Kota Pekanbaru Yakin Plaza Sukaramai Akan Beroperasi Akhir Tahun Ini

news24xx


Para pekerja sedang memasang atap rangka baja di Plaza Sukaramai Pekanbaru. Foto: Surya/Riau1. Para pekerja sedang memasang atap rangka baja di Plaza Sukaramai Pekanbaru. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pembangunan Plaza Sukaramai akan rampung pada akhir tahun ini. Plaza ini dijadikan pusat grosir yang disebut dengan Sukaramai Trade Center.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Sabtu (17/8/2019), mengatakan, Plaza Sukaramai dibangun dengan pendekatan smart building. Jadi, Plaza Sukaramai akan ditingkatkan dari pasar biasa menjadi pasar grosir yang disebut dengan Sukaramai Trade Center. 

"Akhir tahun ini akan beroperasi dengan baik," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Plaza Sukaramai Pekanbaru dalam tahap pembangunan ulang akibat kebakaran yang terjadi pada 8 Desember 2015 lalu. Karena beberapa bangunan hampir selesai, pembongkaran tempat penampungan sementara (TPS) para pedagang mulai dibahas.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, beberapa hari lalu, mengatakan, pembangunan ulang Plaza Sukaramai diawasi oleh tim teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Pembangunan ulang Plaza Sukaramai ditargetkan selesai tahun ini. 

"Proses pembangunan masih terus berlanjut. Sekarang, kami sedang mendiskusikan dengan para pedagang untuk pembongkaran TPS yang berada di sekitar Plaza Sukaramai," ungkapnya.



BACA JUGA : Banyak Warga Tak Punya KTP-el, Wawako Pekanbaru Minta Kepala Disdukcapil Terus Desak Pemerintah Pusat Cetak Blanko

Iklan Riau1

Pembongkaran TPS itu akan disesuaikan dengan progres pembangunan ulang Plaza Sukaramai. Supaya, para pedagang tidak berhenti berjualan.

"Kalau pembangun Plaza Sukaramai, termasuk Supermarket Ramayana yang ada di dalamnya rampung, maka pedagang pindahkan. Lalu, TPSnya kami bongkar. Dengan begitu, para pedagang tidak dirugikan," jelas Ingot.

Selama masa pembangunan ulang Plaza Sukaramai ini, kawasan parkir para pembeli berada di badan jalan. Hal itu terlihat di Jalan Jenderal Sudirman.

"Parkiran kendaraan yang meluber ke jalan sudah terjadi sejak tiga tahun lalu," ucap Ingot.

Diberitakan sebelumnya, Plaza Sukaramai, Pekanbaru, ditargetkan selesai dibangun ulang pada April 2019 mendatang. Namun, tahap selesai ini hanya untuk lantai dasar saja.



BACA JUGA : Antisipasi Kabut Asap, Dispora Siapkan Rute Cadangan Gowes Nusantara Etape Pekanbaru Smartcity II 2019

"Pada April 2019, lantai dasar sudah bisa operasional," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut saat dihubungi Riau1.com, Kamis (27/12/2018).

Pembangunan Plaza Sukaramai ini cukup memakan waktu yang lama sejak terbakar pada 8 Desember 2015 silam. Pasalnya, Plaza Sukaramai tersebut dibangun atas dasar kerja sama Pemko Pekanbaru dengan pihak ketiga (swasta, dalam hal ini Supermarket Ramayana).

"Setelah terbakar, kami perlu kepastian penyebab kebakaran melalui penelitian oleh tim forensik Polri," ungkap Ingot.

Hasil penelitian pihak kepolisian, kebakaran di Plaza Sukaramai dinyatakan positif akibat kecelakaan murni.

Setelah hasil penelitian itu diumumkan pihak kepolisian, maka dilakukan proses pembangunan ulang. Pembahasan pembangunan Plaza Sukaramai ini butuh proses yang cukup panjang dan rumit.

"Kami mencapai kesepakatan dengan semua pihak pada Mei 2017. Setelah itu, kami upayakan langkah-langkah pembangunan kembali," jelas Ingot.





Loading...