Cegah Pungli, Pemkab Tanah Datar Belajar Buat Pelayanan Satu Pintu ke MPP Pekanbaru

27 Juni 2019
Sekretaris DPMPTSP) Kota Pekanbaru F Rudi Misdian (kanan) menjelaskan cara kerja mesin tiket nomor antrian dan pilihan instansi pelayanan kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi (kiri) usai di MPP Pekanbaru, Kamis (27/6/2019). Foto: Surya/Riau1.

Sekretaris DPMPTSP) Kota Pekanbaru F Rudi Misdian (kanan) menjelaskan cara kerja mesin tiket nomor antrian dan pilihan instansi pelayanan kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi (kiri) usai di MPP Pekanbaru, Kamis (27/6/2019). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) belajar cara membuat pelayanan satu pintu ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Riau. Pasalnya, Pemko Pekanbaru sudah melakukan pelayanan publik itu dengan baik dan terintegrasi.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi usai meninjau berbagai jenis layanan di MPP Pekanbaru, Kamis (27/6/2019), mengungkapkan, pelayanan publik di Kabupaten Tanah Datar masih berpencar-pencar. Kini, Pemkab Tanah Datar bertekad membuat pelayanan publik ini bisa satu pintu yang dikenal di banyak tempat dengan nama Mal Pelayanan Publik. 

"KPK juga merekomendasikan kepada kami agar mendirikan Mal Pelayanan Publik untuk memudahkan masyarakat serta mengurangi pungutan-pungutan yang tidak sesuai dan tidak dibenarkan. Lalu, jatuhlah pilihan kami ke Pekanbaru," kata Irdinansyah. 

Berdasarkan informasi yang diterima, Pemko Pekanbaru sudah melakukan pelayanan publik dengan baik dan terintegrasi. Itulah sebabnya, rombongan Pemkab Tanah Datar datang untuk belajar hari ini.

"Hasil tinjauan tadi, kalau smenjadi masyarakat, saya pasti akan senang. Sekali datang, kami mendapat informasi-informasi tentang banyak urusan," sebut Irdinansyah. 

Tidak hanya soal perizinan yang ada di pemerintah daerah saja, tapi urusan lain untuk publik juga tersedia seperti Kementerian Agama, BPJS, dan banyak hal lainnya. Jadi sekali datang ke sini, banyak urusan dapat diselesaikan.

"Tugas kami sebagai pemerintah yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Mudah-mudahan, kami tidak akan datang satu kali saja," harap Irdinansyah.

Secara teknis, mungkin ada dinas terkait dari Pemkab Tanah Datar yang datang sekali lagi. Hal ini guna mengetahui tata letak MPP ini agar tidak terkesan rumit dalam hal tata letak dan alur pelayanan ke instansi yang membuka layanan.

Kesempatan berbeda, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru F Rudi Misdian mengatakan, kedatangan rombongan bupati Tanah Datar ini diinformasikan oleh Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Sekretariat Daerah kemarin. Bupati Tanah Datar bersama sekretaris daerah dan rombongannya berkunjung ke MPP Pekanbaru hari ini. 

"Tadi pagi, sudah kami terima kunjungannya. Kami sudah memberikan informasi terkait seputaran penyelenggaraan MPP di Pekanbaru," ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, bupati Tanah Datar menyampaikan keinginannya membuat MPP. Maka, DPMPTSP menyampaikan data-data yang diinginkan. 

"Mudah-mudahan apa yang menjadi niat baik mereka dalam meningkatkan pelayanan publik di Tanah Datar dengan melihat kondisi riil dengan melihat MPP Pekanbaru dapat terwujud," harap Rudi.