Minggu, 20 Oktober 2019

PEKANBARU

Interior dan Bunker Mesin Genset Lima Gedung Perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya Belum Rampung

news24xx


Kompleks perkantoran Pemko Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya. Foto: Surya/Riau1. Kompleks perkantoran Pemko Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Lima gedung untuk kantor organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pekanbaru tengah digesa. Dua gedung perkantoran ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Pantauan Riau1.com, Senin (24/6/2019), perkantoran utama yang berukuran besar ditempati wali kota, wakil wali kota, dan sekretariat daerah, serta Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Hanya saja, kawasan parkir yang berada di basemen becek dan kotor. Sedangkan pada bagian lantai paling atas, lantai tujuh, masih berupa tiang dan belum tertutup.

Sementara itu, lima gedung lainnya juga sedang dikerjakan. Dari tampilan lima gedung ini, seluruh bangunan sudah terlihat selesai. 

Hanya satu gedung masih terlihat berantakan di bagian halamannya. Sementara di belakang dua gedung lainnya terlihat pada pekerja sedang membangun bunker untuk mesin genset.

Karena masih menjadi kawasan baru sebagai kompleks perkantoran, sejumlah taman kantor masih proses penataan. Akibatnya, kawasan perkantoran ini terlihat gersang. Bahkan saat upacara HUT ke-235 Pekanbaru, Senin, aparatur sipil negara (ASN) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terpapar panas meski sudah duduk di bawah tenda yang disediakan. 

Meski begitu, lahan perkantoran yang luas ini sanggup menampung ratusan mobil milik paras ASN. Di bagian gerbang masuk, kolam yang luas sebagai bagian dari taman kantor dibangun dengan indah.



BACA JUGA : Duduk di Kedai Kopi Saat Jam Kerja, Wagubri Sudah Laporkan 4 ASN Pemko Pekanbaru ke Pimpinannya

Iklan Riau1

Tak hanya itu, Pemko Pekanbaru juga sudah membangun embung atau waduk yang diberi nama Embung Tenayan Raya. Embung ini sebagai penyuplai air bersih untuk kompleks perkantoran.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Mal Pelayanan Publik (MPP) mengatakan, kompleks perkantoran di Tenayan Raya merupakan perluasan kantor OPD. Sebab, wali kota dan wakil wali kota masih berkantor juga di Jalan Jenderal Sudirman. Para asisten wali kota juga masih di kantor yang lama.

"Kami belum pindah kantor. Di Tenayan Raya itu hanya perluasan perkantoran," ujarnya.

Meski begitu, Sekretariat Daerah dan hampir semua bagian sudah pindah ke sana. Bagian Umum, Bagian Kesra, dan Protokoler, termasuk BKPSDM sudah pindah ke Tenayan Raya. 

"OPD lainnya masih berkantor di tempatnya masing-masing di pusat kota," jelas Ayat.



BACA JUGA : Wali Kota Pekanbaru Sebut Karnaval Budaya Nusantara untuk Mempererat Persatuan dan Kesatuan

Diberitakan sebelumnya, penyelesaian pembangunan dua gedung untuk sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) tengah digesa di kompleks perkantoran Pemko Pekanbaru yang berlokasi di Kecamatan Tenayan Raya. Dua gedung itu diharapkan rampung di akhir tahun ini.

"Sejak awal tahun 2019, kami sudah mulai pindah ke Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Kantor wali kota, wakil wali kota, sekretariat daerah, Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, beberapa OPD lainnya sudah pindah ke gedung induk berlantai tujuh," kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer di ruang rapat wali kota, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (19/6/2019). 

Saat ini, dua dari lima gedung lainnya masih dalam tahap perampungan. Gedung-gedung tersebut untuk OPD lainnya yang saat ini masih berada di pusat kota.

Pengerjaan penyempurnaan bangunan terus dilakukan di gedung induk. Dua gedung lainnya masih dalam tahap akhir.

"Satu unit sudah hampir selesai dan satu lagi masih dalam pengerjaan. Tiga gedung lainnya mudah-mudahan selesai pada 2020," ungkap M Noer.

Bila sudah selesai, maka OPD lainnya segera pindah ke Kompleks Perkantoran Tenayan Raya pada akhir 2019 nanti. Beberapa OPD lainnya menunggu pindah hingga tiga gedung lainnya selesai dibangun di 2020.





Loading...