Pasca Pemblokiran, Pengguna XL dan Tri di Pekanbaru Tak Bisa Akses Medsos-WhatsApp

Pasca Pemblokiran, Pengguna XL dan Tri di Pekanbaru Tak Bisa Akses Medsos-WhatsApp

22 Mei 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pembatasan penggunaan media sosial (medsos) dan perpesanan instan seperti facebook, instagram, twitter dan whatsapp yang dilakukan pemerintah mulai dirasakan masyarakat Riau, khususnya di Kota Pekanbaru.

Pantauan Riau1.com, pengguna paling terkena dampak ialah yang menggunakan provider XL, Tri dan juga beberapa jaringan WiFi. Banyak masyarakat yang mulai mengeluh.

Bukan hanya tidak bisa mengirim gambar atau video, pengguna provider XL, Tri dan juga beberapa jaringan WiFi sama sekali tidak bisa menggunakan medsos dan juga whatsapp, baik chatting biasa hingga mengirim gambar dan video.

"Saya kira tadi gangguan jaringan, rupanya diblokir. Untuk browsing dan youtube masih bisa, cuma medsos dan whatsapp tidak bisa," kata Arjuna kepada Riau1.com, Rabu 22 Mei 2019.

Hal senada juga dialami, Iqbal yang mengaku menggunakan provider XL. "Whatsapp tidak bisa dipakai, cuma bisa untuk browsing," sebutnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, menyebut pembatasan akses medsos bersifat sementara dalam rangka menghindari penyebaran kabar bohong atau hoax.

"Pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap. Pembatasan dilakukan terhadap platform media sosial, fitur-fitur media sosial--tidak semuanya--dan messaging system," kata Rudiantara.