Selasa, 25 Juni 2019

PEKANBARU

Gelar 'Aksi Super Damai', Ini Pernyataan Sikap dan Tuntutan Ratusan Masyarakat Riau kepada KPU

news24xx


Ratusan massa tergabung dalam GMMK Riau menggelar aksi di Kanto KPU Riau (foto: barkah/riau1.com) Ratusan massa tergabung dalam GMMK Riau menggelar aksi di Kanto KPU Riau (foto: barkah/riau1.com)

RIAU1.COM - Menggelar 'Aksi Super Damai' di Kantor KPU Riau, ratusan massa dari Gerakan Masyarakat Menuntut Keadilan (GMMK) yang terdiri dari 63 ormas se-Riau membawa sejumlah poin pernyataan sikap dan sejumlah tuntutan.

Berikut 3 pernyataan sikap GMMK Riau terkait dengan dugaan kecurangan hingga ratusan petugas KPPS yang meninggal dunia sejak pelaksanaan Pemilu serentak 2019:

1. Mendorong semua pihak memastikan pemilu berjalan sesuai azas pemilu yakni, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.



BACA JUGA : Rencana Aturan Baru, Warga Pekanbaru yang Tertangkap Basah Buang Sampah Sembarangan Didenda Rp250 Ribu

2. Mendukung semua elemen yang terlibat pemilu, terutama KPU, Bawaslu untuk menjujung tinggi integritas dan aturan yang berlaku, serta menyukseskan Pemilu serentak 2019.

3. Mengimbau sekaligus meminta kepada aparat dan komponen menegak hukum bersikap netral dan tidak berpihak.

Selain menyampaikan pernyataan sikap, Kuasa Hukum GMMK Riau, Bambang Rumnan juga membacakan tuntutan rakyat kepada para pihak berkompeten, diantaranya:

1. Jaga demokrasi yang adil, jujur dan bersih, jangan dikhianati.



BACA JUGA : Wali Kota Pekanbaru Firdaus Berangkat ke Azerbaijan Bersama Sebelas Wali Kota Lainnya

2. Usut dugaan kecurangan dalam penghitungan suara Pemilu serentak 2019.

3. Selidiki dan ungkap misteri tewasnya ratusan petugas KPPS, yang sampai saat ini berjumlah 500 orang lebih.

"Pernyataan sikap dan tuntutan ini kita serahkan ke KPU Riau dengan harapan disampaikan kepada KPU RI, agar ini menjadi bukti masyarakat Riau ikut bersikap dengan berbagai aksi kecurangan pemilu," tutupnya.