Senin, 20 Mei 2019

PEKANBARU

Aliran Air Bersih ke Rusunawa Yos Sudarso Pekanbaru Diputus, Penghuni Terpaksa Beli Air Galon Tiap Hari

news24xx


Rusunawa di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai Pesisir. Foto: Surya/Riau1. Rusunawa di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai Pesisir. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Aliran air bersih PDAM ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai Pesisir, ternyata sudah diputus sejak dua bulan lalu. Akibatnya, 80 penghuni harus membeli air Rp5.000 per galon.

Salah seorang penghuni, Rabu (15/5/2019), mengatakan, fasilitas air bersih tidak ada di Rusunawa Yos Sudarso ini. Aliran air bersih diputus karena penghuni lain tidak mau bayar. Akibatnya, ia terpaksa membeli air galon seharga Rp5.000. 

"Air minum galon itu kami gunakan untuk mandi. Satu ember, kami bagi dua sama anak," katanya.

Jika ingin mencuci, ia harus memesan tiga galon air. Jika tak mencuci pakaian, ia hanya cukup satu galon.



BACA JUGA : Dinas PUPR Pekanbaru Prioritaskan Perbaiki Jalan di Kecamatan Tampan

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Heri Rusdi saat pendataan ulang di rusunawa, Selasa (14/5/2019), mengatakan, penghuni rusunawa ini tinggal sejak Januari 2019. Saat itu, uang pembayaran sewa sudah disosialisasikan. 

Pembayaran uang sewa rusunawa berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru. Berdasarkan Perwako itu, uang sewa yang harus dibayar penghuni rusunawa cukup murah karena sudah disubsidi pemerintah daerah. Biaya sewa rusunawa antara Rp175.000 hingga Rp225.000.

"Selama ini, ada yang tertib membayar sewa dan ada yang tidak. Makanya, kami mengingatkan kembali untuk penghuni yang tidak membayar sewa," ucap Heri.

Langkah-langkah sudah diambil sejal awal. Para penghuni rusunawa diberikan surat peringatan agar membayar uang sewa.



BACA JUGA : Dinas PUPR Pekanbaru Targetkan Jalan Lingkar Luar Sepanjang 48 Km Rampung di 2020

"Kami sudah mengirimkan surat teguran hingga empat kali. Jadi, surat teguran dikirim tiap bulan bagi yang belum membayar," ungkap Heri.

Bagi penghuni yang tidak melunasi uang sewa, maka dipersilakan keluar. Karena, para penghuni ini sudah diberi waktu hingga akhir April 2019. Keputusan pengusiran penghuni rusunawa yang tidak membayar uang sewa berdasarkan tim yustisi.

"Hari ini, kami mau mengingatkan kembali untuk penghuni yang tidak membayar agar melunasi atau silakan keluar dari hunian ini. Karena, mereka sudah melanggar kontrak sewa," sebut Heri.

Jumlah penghuni Rusunawa Yos Sudarso sebanyak 80 orang. Penghuni yang tertib membayar uang sewa sebanyak 12 orang.