Tiga Dokter Spesialis RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Dikerahkan Obati Penyakit Misterius, Hatta Tak Kunjung Sembuh

Tiga Dokter Spesialis RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Dikerahkan Obati Penyakit Misterius, Hatta Tak Kunjung Sembuh

8 Mei 2019
Kondisi Hatta Zailiyus yang terbaring lemah di ranjang RSUD Arifin Achmad akibat penyakit misterius, Rabu (8/5/2019). Foto: Surya/Riau1.

Kondisi Hatta Zailiyus yang terbaring lemah di ranjang RSUD Arifin Achmad akibat penyakit misterius, Rabu (8/5/2019). Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Hatta Zailiyus, warga Kota Pekanbaru ini, mengerang kesakitan di ruang rawat inap Kenanga, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Rabu (8/5/2019). Tiga dokter spesialis bergantian memeriksa penyakit yang dideritanya.

Usai menjenguk Hatta, anggota DPRD Pelalawan, Abdullah mengatakan, ia sudah berdiskusi dengan kedua orang tua Hatta. Terungkap, Hatta merupakan saksi PKS di TPS 11, Kelurahan Binawidya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

"Setelah menjalankan tugasnya sebagai saksi PKS di TPS 11, kesehatan Hatta tidak ada masalah saat penghitungan suara hingga subuh pada 18 April 2019. Beberapa hari ke depan, Hatta bersikap biasa-biasa saja," ungkapnya.

Namun, Hatta mulai terlihat tidak sehat pada 25 April 2019. Hatta dilarikan ke RSUD Arifin Achmad.

"Artinya, jarak waktu Pemilu hingga masa dia mengalami sakit itu sekitar seminggu," ucap Abdullah.

Hari pertama di rumah sakit, Hatta masih bisa berkomunikasi dengan baik. Memasuki hari kedua, Hatta agak sulit berkomunikasi. 

"Seluruh dokter spesialis mulai dari penyakit dalam, syaraf, dan ginjal sudah melakukan observasi. Penyakitnya belum diketahui," jelas Abdullah.

Loading...

Pada hari ketiga, tim rukiah didatangkan untuk mengobati Hatta. Pada hari keempat dan kelima, kondisi Hatta mulai ada penurunan.

Sebenarnya, penyakit Hatta lebih dari dari psikis. Sedangkan menurut hasil rontgen, jantungnya sedikit membengkak. 

"Kami juga sedang memantau, apakah penyakit yang diderita Hatta ini faktor medis atau non medis. Apakah ada hubungannya dengan Pemilu? Kami tidak bisa mendeteksi itu karena hubungannya sangat jauh," sebut Abdullah.

Makanya, pengurus PKS Riau datang dan memantau dan berkomunikasi terus dengan keluarga Hatta. Kebetulan, Hatta juga terdaftar sebagai peserta Jamkesda Kota Pekanbaru. 

"Sejauh ini, biaya pengobatan ditanggung Jamkesda. Meski begitu, Ketua DPW PKS juga langsung turun tangan untuk menindaklanjuti apa saja yang perlu didukung, termasuk upaya-upaya kita supaya Hatta segera sembuh," pungkas Abdullah.