Angkasa Pura II Kaget Soal Rencana Pemindahan Bandara dari Pekanbaru ke Siak

Angkasa Pura II Kaget Soal Rencana Pemindahan Bandara dari Pekanbaru ke Siak

15 Februari 2019
General Manager Bandara SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait. Foto: Surya/Riau1.

General Manager Bandara SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, belum mengetahui ada rencana pemindahan bandara ke Kabupaten Siak. Pasalnya, investasi di Bandara SSK II sangat besar saat ini.

General Manager Bandara SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait terkejut mendengar rencana pemindahan bandara. Ia terdiam cukup lama menanggapi.

"Kami belum tahu ada rencana pemindahan Bandara SSK II Pekanbaru ke Kabupaten Siak. Tetapi kalau memang ada, tentu memindahkan bandara ke lokasi baru tidak diputuskan oleh satu pihak," katanya kepada Riau1.com.

Pemindahan Bandara SSK II harus melibatkan pemangku kebijakan terkait, baik itu penyelenggara bandara seperti Angkasa Pura II, Kementerian Perhubungan, dan instansi yang terkait dengan lahan.

"Dimana lokasi yang tepat dan kapan itu pindahnya secara operasional. Tapi, bagaimana pun investasi Angkasa Pura II di bandara ini sudah sedemikian besar," sebut Jaya.

Menurut Jaya, Bandara SSK II wajar dipindahkan. Karena, Bandara SSK II juga digunakan untuk pangkalan militer saat ini.

"Menurut saya, wajar saja dipindahkan ke tempat lain. Tetapi mungkin menyangkut masalah waktu karena perlu disiapkan semua pihak, bukan satu pihak," ucap Jaya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung penuh usulan pemindahan Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II dari Pekanbaru ke Kabupaten Siak. Karena, lokasi bandara sudah sangat dekat dengan pemukiman penduduk saat ini.

"Rencana Wali Kota Pekanbaru untuk memindahkan bandara karena pertumbuhannya sudah melonjak. Bandara SSK II tidak bisa dikembangkan lagi menurut pak wali kota," kata Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Ahmad Yani di Hotel Pangeran Pekanbaru, Riau, Sabtu (19/1/2019).

Sebagaimana disampaikan Gubernur Riau terpilih, Syamsuar, bahwa dana pembangunan bandara di Kabupaten Siak akan dicari. Inisiatif kepala daerah Riau ini sangat didukung Kemenhub.

"Yang paling penting adalah masyarakat terlayani dengan baik," ucap Yani.

Untuk diketahui, usulan pemindahan Bandara SSK II ini sudah didiskusikan Syamsuar dengan Wali Kota Pekanbaru Firdaus beberapa waktu lalu. Usulan ini disepakati Firdaus. 

Dengan dibangunnya bandara baru di Kabupaten Siak, akses masyarakat ke Kabupaten Kampar, Pelalawan, Meranti, dan Bengkalis akan lebih dekat.