70 Stand UMKM Bakal Ramaikan Festival Tahun Baru Imlek 2019 di Pemuda City Walk Pekanbaru

29 Januari 2019
Ilustrasi jual pernak pernik imlek

Ilustrasi jual pernak pernik imlek

RIAU1.COM - Menyambut Tahun Baru Imlek 2570/2019, Persaudaraan Mahasiswa Buddhis (Permadhis) Politeknik Caltex Riau akan mengadakan Festival Tahun Baru Imlek 2019 yang akan digelar mulai tanggal 1 Februari hingga 3 Februari 2019 mendatang.

Ketua Permadhis, Steven mengatakan, festival ini perdana diadakan dalam rangka menyambut tahun baru Imlek 2570 yang jatuh tanggal 5 Februari 2019.

"Sebagai bagian dari mahasiswa Buddhis kami rasa wajb turut berpartisipasi meramaikan suasana hari raya Imlek 2570," kata Steven, Selasa (29/1/2019).

Steven mengungkapkan, tujuan diadakan festival ini untuk membantu dan mendorong pengusaha UMKM, terutama industri rumah tangga dalam hal mempromosikan dan menjual kue-kue Imlek dan produk lainnya, sehingga diharapkan roda perekonomian bisa berputar.

"Melalui festival ini, kita ingin para pengusaha UMKM dan industri rumah tangga bisa lebih maju," tambahnya.

Diperkirakan sekitar lebih dari 70 stand akan meramaikan festival ini, dan diharapkan festival ini akan menjadi agenda rutin dari Permadhis.

Steven menuturkan, untuk menyelenggarakan kegiatan ini, Permadhis juga mengajak Management Pemuda City Walk (PCW) yang menyediakan segala fasilitas terutama sarana dan prasarananya, sehingga acara ini bisa dilaksanakan.

"Disamping itu, untuk merangkul warga tionghoa dan juga mencari peserta festival kami mengajak Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB) untuk turut mendukung festival ini," tuturnya.

Terpisah, Ketua Harian IKPTB, Dirmanto mengatakan, pihaknya memang diajak untuk turut mensupport adik-adik mahasiswa dalam festival Tahun Baru Imlek 2019 di PCW ini.

"Kami menilai, kegiatan ini mempunyai tujuan yang positif dari adik-adik kita, dan kami sangat mendukung. Apalagi kegiatan ini merupakan rasa kepedulian dari Permadhis untuk meningkatkan perekonomian khususnya pengusaha UMKM dan juga dalam event menyambut tahun baru Imlek," ucapnya.

"Jadi peran dari mahasiswa Buddhis di sini sangat penting, mereka adalah generasi muda dan pemimpin masa depan," tambah Dirmanto.

Sementara itu, Management Pemuda City Walk, Wandi menjelaskan, PCW merupakan sebuah komplek perkantoran dan kuliner yang sangat cocok untuk diadakan festival tahun baru Imlek ini.

"Dimana, kegiatan ini bisa dilakukan didalam komplek dengan didukung oleh berbagai sarana dan prasana sehingga sangat menunjang. Diharapkan juga festival ini bisa dilakukan tiap tahun," terangnya.

Disamping menyediakan stand dengan berbagi jenis variasi produk seperti kue-kue imlek, pernak-pernik Imlek, alat-alat sembahyang dan sebagainya, juga tersedia stand makanan dan minuman serta produk otomotif dan property lainnya.

Pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan barongsai, dragon dance, lampion show, music performance dan sebagainya. Pada festival Tahun Baru Imlek ini juga diadakan  berbagai jenis lomba seperti modern dance, lomba fotografi, lomba menyanyi, fashion show dan lainnya.