Pemko Pekanbaru Ditawari Kerja Sama Pengolahan Sampah oleh Perusahaan Korea Selatan

Pemko Pekanbaru Ditawari Kerja Sama Pengolahan Sampah oleh Perusahaan Korea Selatan

23 Januari 2019
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru, Riau, ditawarkan kerja sama pengolahan sampah oleh perusahaan dari Korea Selatan. Namun, kerja sama itu perlu dikaji lebih jauh beserta nilai keuntungannya dalam setahun.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus kepada Riau1.com, Rabu (23/1/2019), mengungkapkan, calon investor dari Korea Selatan datang menawarkan kerja sama teknologi pengolahan sampah. Informasi awal, teknologi pengolahan sampah di Korea Selatan tidak lagi menggunakan insenerator (mesin pembakar sampah).

"Kami tanya kerja samanya dalam bentuk apa? Mereka menawarkan kerja sama dalam pengolahan tapi minta jasa," ujarnya.

Dari kerja sama tadi itu, perusahaan ini ingin mendapatkan perolehan dari jasa pengolahan sampah di TPA. Pihak perusahaan juga menawarkan teknologinya saja dijual.

Loading...

"Pertemuan awal ini mau kami evaluasi lagi, apakah tawaran mereka sama-sama menguntungkan atau tidak. Kalau mereka menawarkan kerja sama dengan membawa alatnya dan kita membayar jasa mereka dalam sekian tahun," ungkap Firdaus.

Namun, keuntungan dari tawaran kerja sama ini perlu dipertimbangkan kembali. Perolehan dalam satu tahun juga perlu diperhitungkan.