Sejarah Hari Ini: Rekayasa Dibalik Piala Dunia 1998

Sejarah Hari Ini: Rekayasa Dibalik Piala Dunia 1998

12 Juli 2020
Michel Platini dan Didier Deschamps (foto: Istimewa/internet)

Michel Platini dan Didier Deschamps (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tepat hari ini tuan rumah Prancis untuk pertama kali meraih trofi Piala Dunia 1998. Tim Ayam Jantan sukses membekuk Brasil di partai final dengan skor telak, 3-0.

Gol Prancis diciptakan Zinedine Zidane pada menit ke-27 dan ke-46 dan Emmanuel Petit mencetak gol terakhir di menit ke-90.

Barulah setelah 20 tahun Piala Duni 1998 berakhir, terungkap bahwa pesta olahraga sepak bola saat itu penuh dengan rekayasa dinukil dari detik.com, Minggu, 12 Juli 2020.

"Ya, memang ada kecurangan yang kami lakukan. Kami sudah menghabiskan enam tahun mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia dan kami melakukan sedikit kenakalan. Memangnya kalian pikir tuan rumah lain tidak begitu?," sebut Platini.

Platini yang saat itu menjabat sebagai presiden komite penyelenggara mengaku telah mengatur jalannya pertandingan bersama mendiang Fernand Sastre, mantan presiden Federasi Sepakbola Prancis.

Tujuannya agar Prancis dan Brasil tak pernah bertemu sampai di partai puncak.

Pada gelaran saat itu Brasil keluar sebagai juara Grup A sedangkan Prancis menjuarai Grup C. Masing-masing tim kemudian terus melaju di fase gugur sampai akhirnya berhadapan di final.

Brasil dan Prancis di grup-grup yang memang tidak memungkinkan kedua tim berjumpa di fase gugur, dengan syarat mereka maju sebagai juara grup.