Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Minta Para Pemain Rajin Makan Daging

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Minta Para Pemain Rajin Makan Daging

24 Februari 2020
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Antara.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Antara.

RIAU1.COM -Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong memiliki peraturan ketat untuk pemain sepak bola. Salah satu aturan itu dalam hal makanan, para atlet tidak boleh lagi mengonsumsi gorengan saat sudah kembali ke klub masing-masing.

"Sama sekali tidak boleh makan gorengan," kata Shin dikutip dari Tempo.co, Senin (24/2/2020).

Selain itu, juru taktik asal Korea Selatan tersebut juga mengimbau agar para pemain tidak lupa memakan daging. Menurutnya, konsumsi daging dipercaya bisa meningkatkan kondisi fisik para pemain.

"Agar energi ototnya bisa terbentuk," kata dia.

Dokter olahraga Grace Joselini setuju dengan diet ketat yang dianjurkan Shin Tae-yong. Grace menjelaskan bahwa makan gorengan artinya meningkatkan lemak jenuh dalam darah.

“Makanan dengan lemak jenuh yang tinggi itu akan dicerna lebih lama oleh tubuh,” ujarnya.

Akibat dari proses mencerna yang lebih lama itu dapat menyebabkan perut tidak nyaman, melilit bahkan kram. Tentu ini pada akhirnya akan mengganggu seseorang saat akan beraktivitas fisik.

“Lagipula lemak tidak terlalu dibutuhkan, jadi sebaiknya dihindari dulu sebelum olahraga,” katanya.

Sebaliknya dalam hal daging, dokter Timnas Wanita Indonesia, mengingatkan bahwa daging dikenal dengan tinggi protein. Persis seperti pernyataan Shin Tae-yong, protein dari daging sangat baik sebagai sumber energi.

“Daging juga bagus untuk membentuk otot-otot,” katanya.

Meski begitu, mantan finalis Puteri Indonesia itu mengimbau agar daging dikonsumsi dengan cara dipanggang atau dikukus saja. Sebab jika digoreng, akan sama saja tinggi lemak sehingga indeks glikemiknya rendah dan sulit dicerna tubuh.

“Jangan digoreng, tapi dipanggang seperti steak atau dikukus saja supaya manfaatnya lebih maksimal,” katanya.