Sandiaga Uno Jadi Dewan Pembina PB Esports, Budi Gunawan: Strategis untuk 2024

Sandiaga Uno Jadi Dewan Pembina PB Esports, Budi Gunawan: Strategis untuk 2024

19 Januari 2020
Sandiaga Uno dan Presiden Jokowi.

Sandiaga Uno dan Presiden Jokowi.

RIAU1.COM - Setelah Presiden Jokowi menyinggung namanya untuk Pilpres 2024, kini Budi Gunawan juga mempromosikan Sandiaga Uno. 

Pengusaha, Sandiaga Uno  terus dikaitkan dengan pemilihan presiden 2024. Peluangnya cukup besar. 

 

Usai  disinggung sebagai calon presiden oleh Jokowi pada Munas Hipmi, giliran Ka BIN Budi Gunawan yang melakukan hal serupa terhadap Sandi.

Ketua Pengurus Besar (PB) Esports Budi Gunawan (BG) melemparkan guyonan kepada Sandiaga Uno bahwa melalui esports, Sandi bisa memenangkan Pilpres 2024 jika maju sebagai calon presiden mendatang.

"Ini ada tamu khusus namun beliau juga sebagai Dewan Pembina PB Esports  yang sangat saya cintai dan banggakan. Tamu kehormatan kita dan dia berkenan jadi dewan pembina, Bapak Sandiaga Salahudin Uno. Kita curi start untuk kampanye kan tidak masalah," ujar BG berkelakar yang langsung disambut tawa para tamu undangan dalam acara pelantikan PB Esports Indonesia di Hotel Kempinski Jakarta, Sabtu (18/1/2020), seperti dilansir bisnis.com. 

Pengusaha sekaligus politisi Sandiaga Salahudin Uno resmi dilantik sebagai Dewan Pembina Pengurus Besar (PB) Esports Indonesia periode 2020-2024.

Menurut BG, pengalaman serta kemampuan Sandiaga di berbagai bidang dapat membantu bisnis esports Indonesia berkembang dengan cepat.

"Kami semua meyakini melalui sentuhan tangan Pak Sandi maka ekosistem yang terkait dengan sport, game dan bisnis esport di Indonesia akan bisa terwujud dengan cepat," katanya BG yang juga menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini.

Namun kemudian, BG justru melemparkan candaannya lagi soal alasan lain memilih Sandiaga sebagai Dewan Pembina PB Esports.

Dia menyebut bahwa jumlah bonus demografi Indonesia akan terus meningkat sekitar 52 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

BG pun lantas langsung mengaitkan persentase serta jumlah anak muda penggemar esports itu bisa menyumbangkan banyak suara bagi Sandiaga Uno apabila menjadi calon presiden 2024.

"Saya ulangi. 52 persen (bonus demografi). Bagi yang maju di (Pilpres) 2024, esports ini sangat strategis," kata BG.

"Kalo Presiden [Joko Widodo] kemarin sudah menyatakan Pak Sandi sebagai calon yang punya peluang sangat kuat menjadi presiden, kami sangat meyakini bahwa dengan dukungan dari esports maka kelompok milenial dan gen Z akan bersatu untuk memenangkan Sandiaga Uno," kata BG lagi yang disambut riuh tepuk tangan para tamu.

Sementara Sandiaga menanggapi bahwa apa yang dilontarkan oleh BG hanya sebatas guyonan.

"Saya menyikapinya sebagai ada pesan guyon mungkin juga ada pesan penyemangat," kata Sandiaga, pengusaha sukses yang juga mantan Ketua Umum HIPMI. 

Ia juga menilai bahwa posisinya sebagai Dewan Pembina di induk cabang olahraga itu harus dipisahkan dari apa pun termasuk kontestasi politik di Pilpres.

"Olahraga dan politik tidak terkoneksi secara langsung, tapi kita harus pisahkan karena ini murni berkaitan dengan peningkatan prestasi. Seperti Pak Presiden bilang, 2024 masih sangat jauh," tutur Sandi, mantan Calon Wakil Presiden ini. 

 

Pengurus Besar (PB) Esports yang dipimpin Budi Gunawan resmi dilantik di Jakarta, Sabtu, sebagai wadah bagi asosiasi serta atlet esport demi meningkatkan prestasi olahraga elektronik itu di kancah internasional.

R1 Hee.