Marquez Sukses Selesaikan Tugas untuk Respol Honda sebagai Juara Tim MotoGP

Marquez Sukses Selesaikan Tugas untuk Respol Honda sebagai Juara Tim MotoGP

17 November 2019
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menggendong adiknya Alex Marquez saat merayakan posisi kedua di Malaysia lalu. Foto: Reuters.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menggendong adiknya Alex Marquez saat merayakan posisi kedua di Malaysia lalu. Foto: Reuters.

RIAU1.COM -Marc Marquez menyelesaikan tugas terakhirnya di penghujung MotoGP 2019 dengan finish podium pertama dalam Grand Prix Valencia, Minggu (17/11/2019), untuk membawa gelar ketiga bagi Honda tahun ini.

Dilansir dari Tempo.co, pembalap asal Spanyol itu finis terdepan di Sirkuit Ricardo Tormo. Marquez mengemas poin penuh untuk membawa Repsol Honda membawa pulang gelar juara tim, mengalahkan Ducati yang sebelumnya memimpin dua poin.

Sebelumnya, Marquez mengunci gelar juara dunia pembalap tahun ini di Buriram. Marquez mempersembahkan gelar kedua bagi Honda sebagai juara konstruktor di Jepang.

Ducati harus kehilangan peluang menjadi juara tim setelah Andrea Dovizioso hanya finis P4. Sedangkan rekan satu timnya, Danilo Petrucci gagal menyelesaikan lomba karena terjatuh di lap ke-14.

Jorge Lorenzo tak membantu banyak namun mampu menyumbang tiga poin bagi Repsol Honda dengan finis di P13 sebelum dirinya pensiun dari dunia balap. Juara dunia lima kali itu pun pamitan dengan menancapkan bendera dengan lambang kebesarannya di pinggir trek, ritual khas Lorenzo ketika menjuarai balapan.

Rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) memenuhi target finis podium di seri pamungkas itu sebagai runner-up dan Jack Miller (Pramac Racing) melengkapi podium di P3.

Lomba berjalan minim drama. Marquez melakukan start buruk dari P2 dan sempat terlempar ke P6 di lap pertama sebelum mampu memperbaiki posisinya di belakang Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berada di depan. Marquez mampu menyalip rival asal Prancis itu di lap ke-8 untuk memimpin lomba hingga finish.

Suhu udara Valencia yang dingin di bulan November membuat sejumlah pembalap mengalami masalah dengan daya cengkeram ban. Tak sedikit dari mereka yang terjatuh di lomba.

Tiga pembalap terjatuh di tikungan 6 ketika balapan berjalan 14 putaran. Petrucci terjatuh terlebih dahulu. Tak lama berselang, Johann Zarco (LCR Honda) kehilangan grip ban depannya di tikungan yang sama.

Loading...

Debutan Iker Lecuona juga terjatuh. Motor KTM yang ia kendarai terlepas dan melesat ke gravel dan menghantam Zarco yang sedang berjalan ke pinggir trek.

Pembalap LCR Honda lainnya, Cal Crutchlow juga gagal finish setelah terjatuh di lap ke-11. Alex Rins finish P5 untuk Suzuki Ecstar.

Namun, poin yang ia raih hari itu belum cukup mengatrol posisinya ke peringkat tiga klasemen karena saingan terdekatnya, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) unggul enam poin setelah finis P6 di Valencia.

Rookie Joan Mir mengikuti performa positif rekan satu timnya di Suzuki dengan finis P7, mengalahkan Valentino Rossi yang harus puas di P8. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Racing) finis P9, mengungguli saudaranya, Pol Espargaro (KTM Factory) di P10.

Lecuona menjalani debut MotoGP lebih awal bersama tim KTM Tech 3 untuk menggantikan Miguel Oliveira yang sedang cedera. Sementara itu, Francesco Bagnaia dinyatakan tidak fit untuk balapan setelah mengalami insiden di FP3.

Setelah ini, tes pramusim MotoGP 2020 selama dua hari di Valencia akan digelar pada Selasa dan Rabu.