Alif Saviola, Putra Duri yang Terpilih Perkuat Timnas Pelajar U-16 di Gothia Cup 2019 China

Alif Saviola, Putra Duri yang Terpilih Perkuat Timnas Pelajar U-16 di Gothia Cup 2019 China

4 Juli 2019
Alif Saviola

Alif Saviola

RIAU1.COM - Gelandang Tim U-16 Tiga Naga Footbal Academy, Alif Saviola dipanggil Manajemen Tim Pelajar U-16 Indonesia melalui surat resmi yang diterima Koordinator Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora (LBU-16) Riau, Rabu 3 Juli 2019.

"Alhamdulillah, satu lagi anak Riau dipanggil untuk memperkuat Tim Pelajar U-16 Indonesia yang akan dikirim ke Gothia Cup 2019 di China," ujar Koordinator LBU-16 Riau, Yuki Chandra, Kamis 4 Juli 2019.

Dalam surat yang ditanda-tangani Asisten Manajer/Team Leader Tim Pelajar, Muhammad Kusnaeni ini, Alif Saviola harus menjalani pemusatan latihan (TC) tanggal 4 Agustus hingga 8 Agustus 2019 sebelum menuju China pada 8 Agustus 2019 mendatang.

"Alif Saviola masuk dalam 18 orang pemain inti, kami mengharapkan berkas administrasi terutama paspornya untuk segera dikirimkan, untuk pengurusan visa," kata Kusnaeni.

Kusnaeni menuturkan, Alif Saviola dipanggil berdasarkan hasil pemantauan Tim Pemandu Bakat Kemenpora RI yang dipimpin Maman Suryaman, pada Seri Nasional Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2018 lalu di Bali.

Alif Savioal adalah pemain Tiga Naga FA, wakil Riau pada Seri Nasional, setelah berhasil menundukkan SSB Patriot Muda Kuok, pada partai final Seri Provinsi yang memperebutkan Piala Gubernur Riau 2018.

Di Bali, perjalanan Tiga Naga FA terhenti di babak 16 besar, namun penampilan gelandang enerjik dengan performa rajin dan konsisten ini, telah membuat para pemandu bakat terpesona.

"Ada sesuatu dalam dirinya, yang jika diberikan kesempatan lebih menantang, kami yakin kemampuannya akan semakin berkembang," sebut Kusnaeni.

M Alif Saviola merupakan pemain yang berasal dari Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, yang sebelum bergabung dengan Tiga Naga FA, pemain kelahiran 2003 ini pertama kalinya belajar sepakbola di SSB DSKM Duri.

Begitu bergabung dengan Tiga Naga FA, putra dari Asril ini langsung mendapat posisi sebagai pemain inti Tim U-16, dan bergabung dengan rekan-rekannya yang umumnya kelahiran 2002.

Pemanggilan Alif Saviola ini membuat jajaran manajemen Tiga Naga FA merasa suprise, karena tak menyangka sama sekali jika tim pemandu bakat dari Kemenpora RI, benar-benar obyektif dan memberikan kesempatan secara terbuka.

"Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kemenpora RI kepada anak didik kami, Alif Saviola untuk membela Tim Pelajar U-16 Indonesia pada Gothia Cup 2019 di China," ucap Manager Tiga Naga FA, Hidayat.