WHO Sebut Pengidap Diabetes Paling Banyak Dialami Oleh Perempuan

WHO Sebut Pengidap Diabetes Paling Banyak Dialami Oleh Perempuan

7 Desember 2018
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Hal itu didapat dari data WHO pada tahun 2016. Disebutkan bahwa sebanyak 205 juta orang yang teridap penyakit ini, paling banyak diderita oleh perempuan. 

Sama seperti di Indonesia, pengidap terbanyak penyakit ini adalah perempuan, yaitu dengan prevalensi perempuan sebesar 7,3 persen dan Iaki-laki 6,6 persen. 

"Diabetes tampaknya menjadi faktor risiko yang Iebih kuat untuk kejadian kardiovaskular pada wanita dibandingkan pada pria," kata ahli endokrinologi dr Lorraine Lipscombe, direktur Pusat Perawatan Diabetes Terpadu di Women's Collage Hospital, dikutip dari womanshealthmatters, 16 November 2018.

Disebutkan bahwa penyakit ini adalah penyebab kematian diseluruh dunia. Tapi tenang, seseorang yang sudah terdeteksi sejak dini dan ditangani dengan segera, maka bisa hidup Iebih lama. 

"Perempuan cenderung tidak akan diberi pengobatan penurun kolesterol. Mereka mungkin memiliki perawatan yang kurang agresif untuk tekanan darah mereka," Ianjut dr Lipscombe. 

Loading...

Disebutkan bahwa diabetes bisa meningkatkan risiko penyakitjantung sekitar empat kali pada perempuan tetapi hanya sekitar dua kali pada pria. Tak cuma itu, perempuan juga berisiko Iebih tinggi terhadap komplikasi terkait diabetes Iainnya seperti kebutaan, penyakit ginjal, dan depresi. 

"Ada beberapa data menarik yang menunjukkan bahwa ketika perempuan mengalami gula darah tinggi, dia mungkin mengalami Iebih banyak kerusakan daripada Iaki-laki untuk tingkat gula darah yang sama. Jadi, perempuan dengan diabetes mungkin Iebih rentan terhadap efek diabetes pada jantung dan pembuluh darah," tutupnya.