Sabtu, 17 November 2018

NASIONAL

Tanah Datar Akan Dijadikan Tempat Pertemuan 47 Raja Se- Nusantara

news24xx


Rumah gadang Pagaruyung Batu Sangkar yang akan dijadikan pertemuan 47 raja se- Nusantara (ant) Rumah gadang Pagaruyung Batu Sangkar yang akan dijadikan pertemuan 47 raja se- Nusantara (ant)

RIAU1.COM -Sumatra Barat- Kegiatan Festival Keraton Nusantara yang ke XII tahun 2018 akan digelar di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang berbarengan dengan digelarnya agenda Festival Pesona Budaya Minangkabau oleh pemerintah setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanah Datar, Abdul Hakim di Batusangkar, Jumat (09/11/18), mengatakan kegiatan Festival Keraton tersebut nantinya akan masuk ke dalam rangkaian kegiatan Festival Pesona Budaya Minangkabau.

"Raja-raja se Nusantara nantinya akan menggelar kirab, yang direncanakan dilaksanakan di kawasan Pasar Batusangkar, pada 29 November,"  sebutnnya.

Even tahunan Festival Pesona Budaya Minangkabau dijadwalkan dilaksanakan pada 28 November hingga 2 Desember 2018.

Lebih lanjut Abdul Hakim menyebutkan, terdapat lebih kurang 47 raja se-Nusantara yang akan hadir dalam kegiatan tersebut dan dilengkapi dengan para pengiring.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada setidaknya separoh dari raja-raja tersebut yang mengkonfirmasi kehadiran dan diprediksi jumlah yang akan datang nantinya lebih dari seribu orang.

Satu rombongan raja yang hadir dalam festival ini akan membawa pengiring sebanyak 30 hingga 40 orang, sehingga diperkirakan akan ada ribuan tamu dari rombongan raja-raja se-Nusantara.

"Kita siap mensukseskan festival ini, sebab kita tidak tahu kapan lagi raja-raja tersebut akan menggelar hal serupa di Tanah Datar," kata dia.

Senada, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tanah Datar, Edi Susanto mengatakan pelaksanaan Festival Pesona Budaya Minangkabau kali ini juga sejalan dengan kegiatan Festival Keraton Nusantara.

Selain menghadiri agenda lain yang ada dalam even tersebut, para raja beserta pengiring yang berasal dari lebih kurang 40 kerajaan dan kesultanan tersebut juga akan mengikuti kirab.