Minggu, 18 November 2018

NASIONAL

Nyinyir ke Habib Rizieq, Ade Armando Pertanyakan Keturunan Nabinya, Ini Komentar Warganet

news24xx


Foto diambil dari akun FB Ade Armando Foto diambil dari akun FB Ade Armando

RIAU1.COM - Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando memang dikenal sebagai orang yang tidak menyukai dan sering membuat status tentang Habib Rizieq.

Dalam postingan facebooknya pada Kamis (8/11/2018) Ade mengatakan tidak pernah mempercayai Habib Rizieq adalah keturunan Nabi Muhammad, dan ia menganggap itu hanyalah omong kosong.

"Selama ini banyak orang Islam di Indonesia tidak berani mengecam Rizieq Shihab karena ia dianggap keluarga dan keturunan Nabi Muhammad. Istilah Habib yang dilekatkan pada nama Rizieq juga menunjukkan bahwa ia adalah keturunan Nabi Muhammad," kata dia dalam status facebokknya itu.

Rizieq, kata Ade, diuntungkan karena kehabibannya mengingat ada keyakinan di sebagian umat Islam bahwa keluarga (ahlul bait) Nabi Muhammad adalah manusia-manusia istimewa yang suci dan harus dimuliakan.

"Mereka misalnya akan merujuk pada surat Al Ahzab (33) yang menggambarkan bahwa Allah membersihkan dosa-dosa ahlul bait.

Yang sering dikutip juga adalah sejumlah hadits Nabi Muhammad bahwa umat Islam harus diajarkan untuk mencintai Nabi dan ahlul-baitnya.

Para ahli islam di masa lalu juga lazim dikutip untuk menunjukkan keagungan keturunan Nabi Muhammad. Misalnya saja Imam Abdullah Al-Haddad pernah bilang: “Keluarga rasulullah adalah keluarga suci. Mencintai mereka hukumnya wajib (fardhu)," ujarnya.

Dia menambahkan, bahkan ada sebuah hadits yang menyatakan mereka yang bertemu Allah dalam keadaan membenci keluarga Muhammad, akan masuk neraka.

"Saya sendiri tidak pernah termasuk orang yang percaya bahwa keturunan Nabi Muhammad adalah manusia suci yang perlu dimuliakan. Saya percaya garis keturunan tidak menentukan baik buruknya orang. Setiap manusia bertanggungjawab atas dirinya sendiri-sendiri. Keturunan Nabi bisa saja menjadi maling," tuturnya.

"Karena itu saya tidak pernah merasa perlu menghormati orang seperti Rizieq Shihab, walau konon ia bisa membuktikan bahwa ia memang keturunan Nabi berdasarkan silsilah resmi yang ada di Saudi.

Buat dia, Rizieq sendiri manusia biasa-biasa saja. Bisa jadi ia baik dan bisa jadi ia buruk, cabul atau berbahaya bagi masyarakat.

"Jadi benarkah, Rizieq yang adalah keturunan Nabi Muhammad adalah suci dan harus dimuliakan? Saya tidak pernah percaya dengan omong kosong itu. Rasanya, sekarang saya terbukti benar," Tulis Ade di facebooknya.

Warganet memberikan komentar mengenai postingan dari pendukung Jokowi itu. Ini komentar warganet:

Bara Barack: Yang mulia disisi Allah adalah orang2 yang bertakwa. Bukan karena keturunan bukam karena harta.

Nana Mulyana: Mau keturunan nabi atau bukan, kalo dosa n salahmah tetep salah. Ga ada yang kebal hukum, semuanya sama.
Anak nabi adam aja bisa jadi pembunuh saudaranya, apalagi ini cuma keturunan nabi Muhammad yang beratus ratus tahun kemudian setelah nabi Muhammad wafat.
Label habib bukan jaminan orang itu suci dari dosa dan salah.

Agussman Ilyas: Urusan bejad atau tidaknya HRS, saya tidak mau tau. Itu urusan beliau dengan Allah.
Saya tetap memuliakan HRS Sebagai Keturunan Rosululloh...
Itu sj,,
selain itu sy tdk mendukung.

 

R1/puri