Jalur Lintas Bukittinggi - Padang Putus, Berikut Rute Alternatif untuk Pengendara

Jalur Lintas Bukittinggi - Padang Putus, Berikut Rute Alternatif untuk Pengendara

11 Desember 2018
Jalan putus di daerah Kayu Tanam (Ist)

Jalan putus di daerah Kayu Tanam (Ist)

RIAU1.COM -Jembatan Batang Kalu di daerah Kayu Tanam, Sumatera Barat yang menjadi akses penghubung Kota Bukittinggi - Padang, Sumatera Barat putus akibat terjangan air, setelah daerah itu diguyur hujan deras memicu banjir bandang, Senin 10 Desember 2018 sore kemarin.

Kerusakan pada jembatan ini membuat kendaraan tak bisa lewat sama sekali. Kenapa tidak, jalan terputus akibat diterjang air yang deras. Bahkan, sepeda motor pun tidak bisa mengakses atau melewati lokasi bencana.

Walhasil, pengendara dialihkan untuk melewati jalur alternatif yang tersedia. Jalur tersebut setidaknya dapat diakses pengendara yang ingin ke Padang dari Bukittinggi atau sebaliknya, sambil menunggu perbaikan oleh pihak terkait.

Jalur alternatif ini, diantaranya Bukittinggi - Malalak - Pariaman - Padang. Atau jalur Bukittinggi - Lubuk Basung - Tiku - Pariaman - Padang, dan rute lainnya Bukittinggi - Singkarak - Solok - Sitinjau Laut - Padang.

Kabar terkini yang dihimpun Riau1.com, longsor juga melanda jalur Bukittinggi - Lubuk Sikaping, tepatnya di daerah Palupuah. Alat berat sudah dikerahkan ke lokasi untuk membersihkan material longsor yang menutupi akses jalan ini.

Adapun kemarin, sejumlah wilayah Kabupaten Sumbar dilanda hujan deras. Bahkan di Lembah Anai, luapan air hingga meluber ke jalan. Video amatir yang beredar menunjukkan betapa ngerinya kondisi alam.