Dalam Waktu Singkat, Berhenti Merokok Bisa Turunkan Berbagai Risiko Penyakit Berbahaya

26 Juli 2018
Ilustrasi: internet

Ilustrasi: internet

Riau1.com - Anda pasti tahu seberapa buruk kebiasaan merokok bagi kesehatan pada tubuh, terutama pada pernapasan. Lalu Kapan waktu terbaik untuk berhenti merokok? Jawabannya adalah detik ini!

Akibat berhenti merokok secara mendadak, hanya dalam waktu 20 menit Anda akan mulai merasakan manfaat dari tidak merokok, dan dalam waktu cukup singkat, Anda telah menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serangan jantung, kanker paru-paru, dan kondisi berbahaya Iainnya. 

Berikut ini adalah timeline apa yang akan terjadi pada tubuh Anda saat berhenti merokok, dikutip dari laman doktersehat, 26 Juli 2018:

1. Selama 20 menit setelah berhenti merokok 

Pengaruh akibat Anda berhenti merokok mendadak akan segera diatur oleh tubuh. Kurang dari 20 menit setelah rokok terakhir Anda, detak jantung akan mulai menurun kembali ke tingkat normal. 

2. Selama 2 jam setelah berhenti merokok. 

Setelah dua jam tanpa rokok, denyutjantung dan tekanan darah akan mengalami penurunan mendekati tingkat yang sehat. Sirkulasi perifel Anda juga mungkin meningkat. Perhatikan ujung jari kaki dan tangan Anda karena mungkin akan mulai terasa hangat. 

Gejala penghentian nikotin biasanya dimulai sekitar dua jam setelah Anda mengisap rokok terakhir. Gejala awal biasanya cenderung bersifat emosional, seperti sangat ingin merokok secara terus-menerus, merasa cemas, tegang atau frustrasi, mengantuk atau kesulitan tidur, nafsu makan meningkat. 

Untuk melawan gejaIa-gejala ini, cobalah untuk mengakuinya dengan rasionalisasi dan menuliskannya. Jangan menipu diri Anda dengan merokok lagi karena hal itu justru hanya akan membuat Anda jengkel. 

3. Selama 12 jam setelah Anda berhenti merokok 

Karbon monoksida yang dapat menjadi racun bagi tubuh pada tingkat tinggi dilepaskan dari pembakaran tembakau dan dihirup sebagai bagian dari asap rokok. Karena karbon monoksida terikat baik dengan sel darah, kandungan tinggi dari zat ini dapat mencegah sel darah untuk mengikat oksigen, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah jantung yang serius. 

Hanya dalam waktu 12 jam setelah berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh Anda akan menurun ke tingkat normal, dan kadar oksigen dalam darah akan meningkat sampai tingkat normal.