Data BNPB: Karhutla Sepekan Ini 53,8 Hektar

Data BNPB: Karhutla Sepekan Ini 53,8 Hektar

25 Juli 2022
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COMBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kejadian kebakaran hutan dan lahan di Indonesia mulai mengalami kenaikan. Sejalan dengan sebagian wilayah Indonesia yang mulai memasuki musim kemarau. Sepekan terakhir, BNPB mencatat 53,8 hektar lahan terbakar.

“Dalam kurun waktu 1 minggu ini ada 53,8 hektar lahan yang terbakar,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (25/7/2022).

Aam sapaan akrabnya mengatakan secara umum dalam sepekan terakhir BNPB mencatat terjadi 18 kejadian kebakaran hutan dan lahan. Meskipun di satu sisi, di sebagian wilayah Indonesia masih berada pada musim penghujan.

“Kalau kita melihat data secara umum kebakaran hutan dan lahan menjadi bencana terbanyak pada periode minggu ini dengan 18 kejadian. Artinya apa? Meskipun kita di beberapa tempat di Indonesia masih memiliki musim hujan tetapi juga di belahan yang lain di negara kita ini, faktor cuaca kekeringan mulai masuk sehingga intensitas dan frekuensi kejadian kebakaran hutan mulai naik,” kata Aam.

Oleh karena itu, Aam mengatakan pemerintah yakni BNPB bersama KLHK di bawah Koordinasi Menko Polhukam akan mengadakan rapat bersama dalam rangka upaya pencegahan dan mitigasi kebakaran hutan.*