Bupati Sukiman: AKPSI Harus Sejahterahkan Masyarakat di Area Perkebunan Sawit

Bupati Sukiman: AKPSI Harus Sejahterahkan Masyarakat di Area Perkebunan Sawit

17 Juli 2022
Bupati Sukiman saat acara AKPSI

Bupati Sukiman saat acara AKPSI

RIAU1.COM - Bersama 160 daerah se Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI), Pemerintah Rokan Hulu ikut serta dalam Musyawarah Nasional (Munas) I AKPSI di Jakarta Internasional Stadium Ancol Jakarta akhir pekan ini.

Keikutsertaan Pemkab Rohul dalam Munas I AKPSI Bentuk komitmen dan dukungan dalam mengawal tata kelola dan mengawasi stabilitas harga sawit, yang dihadiri langsung Bupati Rohul H. Sukiman.

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutanya menyampaikan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan tata kelola perkebunan kelapa sawit Indonesia yang berkelanjutan, Pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Tahun 2019-2024.

"Oleh karena itu, perlu dilakukan penguatan data dan kapasitas kapabilitas pekebun, melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan, menerapkan tata kelola perkebunan dan penanganan sengketa, serta dukungan percepatan pelaksanaan Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit," kata dia.

Loading...

Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan ia memperjuangkan harapan para petani sawit, khususnya petani di Kabupaten Rohul terkait stabilisasi harga.

"Melalui AKPSI sebagai mitra strategis pemerintah dan stakeholder perkebunan sawit dalam memperjuangkan kepentingan daerah penghasil sawit, khususnya pendapatan daerah serta kesejahteraan masyarakat di area perkebunan sawit dalam membangun, menata dan mengawasi tata kelola sawit," ujar Sukiman.*