Mendagri Minta Tolong Pemda Percepat Belanja APBD 2021

Mendagri Minta Tolong Pemda Percepat Belanja APBD 2021

9 Desember 2021
Mendagri, Tito Karnavian

Mendagri, Tito Karnavian

RIAU1.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) se Indonesia diingatkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavianuntuk mempercepat realisasi belanja daerah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

"Tolong rekan-rekan [Kepala Daerah se Indonesia,red] betul-betul serius untuk mempercepat belanja ini [APBD 2021]," katanya.

Kemudian Mendagri mengatakan, jika daerah tidak bergerak untuk mempercepat realisasi APBD, maka akan ketahuan dan terbaca dari sistem di Kemendagri dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sehingga akhir tahun ini akan dilakukan evaluasi.

Kemudian, ia juga meminta kepala daerah se Indonesia untuk segera membelanjakan APBD ini sesuai ketentuan hukum yang berlaku. 

"Mohon dikaji rekan-rekan [kepala daerah] semua dan disisir betul untuk belanja APBD ini," ungkapnya.

Dia juga menginstruksikan kepala daerah untuk segera bergerak dan melaksanakan rapat di setiap daerahnya agar belanja APBD ini bisa terserap secara maksimal. 

Kontribusi APBD ini, sebut dia juga berdampak dan berperan pada pertumbuhan ekonomi nasional sama dengan realisasi APBN. Selain itu, menurutnya, realisasi belanja pemerintah daerah selain bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat, tapi juga untuk memacu pihak swasta untuk bergerak. "Kami harapkan realisasi APBD ini akan melonjak," tuturya.*