Sumbar Hanya Punya Satu Orang Wakil di Babak Final STQH Nasional, Pimpinan Kafilah Akui Minimnya Persiapan

Sumbar Hanya Punya Satu Orang Wakil di Babak Final STQH Nasional, Pimpinan Kafilah Akui Minimnya Persiapan

21 Oktober 2021
Arena STQH Maluku Utara

Arena STQH Maluku Utara

RIAU1.COM - Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) Nasional XXVI di Sofifi telah tuntas menyelesaikan babak penyisihan. Sebanyak 60 peserta dari semua cabang dilombakan bakal bertanding di babak final.

Sementara untuk Sumatra Barat (Sumbar) sendiri, pada helat ini hanya punya satu wakil untuk berlomba di babak final. Ia adalah kafilah dengan No. 124, Rusydi Haris Dwi Putra dengan perolehan nilai 189,17, yang berlomba di cabang Tafsir Bahasa Arab Putra.

Merosotnya raihan Sumbar pada ajang STQH kali ini diakui oleh Ketua Pimpinan Kafilah, Syaifullah. Menurut dia, ini merupakan buah dari minimnya persiapan karena keadaan pandemi Covid-19.

“Persiapan kita menghadapi ajang ini terkendala banyak hal, satu di antaranya Covid-19. Bahkan ada beberapa kafilah kita yang baru pertama kali tampil membela Sumbar di ajang Nasional karena peremajaan/pengkaderan kafilah,” kata Syaifullah seperti dimuat Padangkita.com.

Menurut dia, kebijakan apapun itu pasti mempunyai resiko seperti sekarang ini. Apapun perolehan Sumbar dalam ajang ini akan dijadikan evaluasi agar memperoleh prestasi yang lebih baik lagi.

“Tentunya kami bersyukur ada finalis dari Sumbar. Kalah menang itu biasa karena bagi Sumbar mengikuti ajang ini sama halnya dengan berpartisipasi membumikan Al-Quran, silaturrahim dan syiar bukan semata-mata mencari juara,” jelasnya.*