Sejarah 11 Desember: Wafatnya Mantan Menlu RI Ali Alatas

Sejarah 11 Desember: Wafatnya Mantan Menlu RI Ali Alatas

11 Desember 2020
Mantan Menlu RI Ali Alatas (Foto: Istimewa/internet)

Mantan Menlu RI Ali Alatas (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Kabar duka menyelimuti Tanah Air 12 tahun lalu atau tepatnya pada hari ini tahun 2008.


Mantan Menteri Luar Negeri RI Ali Alatas yang juga sebagai ketua Watimpres meninggal dunia di RS Mount Elizabeth, Singapura dikutip dari detik.com, Jumat, 11 Desember 2020.

Ali Alatas sendiri lahir di Jakarta pada 4 November 1932. Dia merupakan sarjana hukum dari Universitas Indonesia sekaligus memiliki ijazah dari Akademi Dinas Luar Negeri pada 1956.

Sebelum berdinas sebagai diplomat, Ali Alatas pernah menjadi korektor di sebuah koran dan redaktur di sebuah kantor berita.

Puncak kariernya saat ditunjuk sebagai menteri luar negeri oleh Presiden RI kedua, Soeharto pada 1987-1999.



Sementara di era Susilo Bambang Yudhoyono, Ali Alatas menyandang jabatan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

Yang paling dikenal dari nama Ali Alatas ketika dia melibatkan diri dalam memediasi konflik antara Timor Timur dengan Indonesia yang berjalan lebih dari dua dasawarsa.



Dibuktikan dengan berdiam di New York sebagai Wakil Tetap Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) selama empat tahun.

Dia saat itu mengaku sudah berupaya semaksimal mungkin membahas Timor Timur melalui jalur diplomasi. Namun akhirnya mereka memilih memisahkan diri dari Indonesia.<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_201211_105203_713.sdoc-->