Rafflesia Arnoldii, Salah Satu Tanaman Teraneh di Dunia

Rafflesia Arnoldii, Salah Satu Tanaman Teraneh di Dunia

3 Desember 2020
Raflesia arnoldii (Foto: Istimewa/internet)

Raflesia arnoldii (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tanaman langka yang sering ditemukan di Bengkulu, rafflesia arnoldii dinobatkan sebagai salah satu tanaman teraneh di dunia.

Raflesia sejajar dengan tanaman aneh di dunia lainnya seperti welwitschia mirabilis yang banyak tumbuh di Nimbia, dionaea muscipula, euphorbia obesa dari Afrika Selatan, sampai baobab yang tumbuh di daratan Afrika dan Australia dikutip dari liputan6.com, Kamis, 3 Desember 2020.

Raflesia dibilang aneh karena bunganya diproduksi secara individual. Tak hanya itu, bunganya juga memiliki ukuran terbesar di dunia karena mencapai satu meter dan lima kelopak.

Warnya bunganya juga khas. Raflesia memiliki warna karat dan berbintik-bintik. Keanehan lainnya karena tumbuh sebagai parasit. Dia menempel pada tumbuhan induk untuk mendapatkan nutrisi makanan. Jika tumbuhan induknya mati, maka bunga ini juga akan ikut mati.

Yang paling penting, bunga ini tidak memiliki daun, akar, dan hal-hal yang dimiliki tumbuhan lain pada umumnya.

Loading...

Tak hanya itu, bunga yang termasuk dalam keluarga Euphorbiaceae ini memiliki aroma seperti daging membusuk. Bau tersebut menarik serangga penyerbuk untuk membantu melestarikan raflesia.

Untuk diketahui, rafflesia pertama kali ditemukan pada tahun 1800-an di Bengkulu.

Raflesia arnoldii diambil dari nama penemunya, yaitu Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles.