Maksud Pidato Soekarno yang Pernah Menyebutkan Berjuang Melawan Bangsa Sendiri

Maksud Pidato Soekarno yang Pernah Menyebutkan Berjuang Melawan Bangsa Sendiri

4 Oktober 2020
Ilustrasi Soekarno (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi Soekarno (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Pernyataan dari bapak pendiri bangsa, Soekarno tak ada habis-habisnya untuk dibahas. Salah satunya mengenai ucapannya saat mengatakan berjuang melawan bangsa sendiri.

Perkataannya itu diucapkannya di salah satu pidatonya dikutip dari bobo.grid.id, Minggu, 4 Oktober 2020.

" Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri," terangnya.

Maksud dari ucapan Soekarno adalah mengingatkan rakyat tentang ancaman yang dihadapi bangsa Indonesia setelah merdeka berupa hilangnya persatuan dan perpecahan antar rakyat.

Meski sudah tidak dijajah, bangsa harus tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dan tidak lengah hingga mudah dipecah belah. Ancaman itu bisa datang apabila ada masyarakat mudah dipecah belah oleh perbedaan, konflik, perebutan kekuasaan, permasalahan sosial, dan yang lainnya.

Ucapan Soekarno ini terbukti sejak awal kemerdekaan, selalu ada konflik. Mulai dari konflik soal penetapan dasar negara, perebutan kekuasaan, hingga penyelewengan.

Bahkan sampai saat ini, ucapan Soekarno masih terbukti benar. Ketertinggalan yang bangsa alami hari ini disebabkan oleh bangsa kita sendiri.