Sudah Tahu Candi yang Memiliki Luasan 8 Kali Dari Candi Borobudur ? Ini Jawabannya

Sudah Tahu Candi yang Memiliki Luasan 8 Kali Dari Candi Borobudur ? Ini Jawabannya

29 September 2020
Ilustrasi Candi Muaro Jambi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi Candi Muaro Jambi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Candi Muaro Jambi disebut-sebut candi terluas se Asia Tenggara. Saking luasnya bahkan mengalahkan kompleks candi terbesar di Indonesia, Borobudur.

Bahkan disebut-sebut memiliki luasan delapan kali dari Candi Borobudur dikutip dari kumparan.com, Selasa, 29 September 2020.

Itu karena candi ini membentang dari barat ke timur di tepian Sungai Batanghari sepanjang 7,5 kilometer.

Luas total kompleks Candi Muaro Jambi mencapai 12 km persegi. Saking luasnya kita dapat dengan mudah menemukan beberapa candi sekaligus di tempat ini.

Beberapa diantaranya seperti Candi Vando Astano, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2, dan kolam Talaga Rajo. Selain lebih luas dari Borobudur, Candi Muaro Jambi ternyata memiliki usia yang lebih tua.

JIka Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 hingga abad ke-9 Masehi, Candi Muaro Jambi diperkirakan sudah terbentuk sejak abad ke-7 Masehi.

Sehingga membuatnya masuk Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2009 lalu. Hal itu karena Situs Komplek Candi Muaro Jambi menggambarkan pertukaran budaya dan nilai-nilai kemanusiaan dalam kurun waktu periode budaya Hindu-Buddha di Indonesia.

Nilai-nilai kemanusiaan tersebut tercermin dalam pembangunan kuil berdasarkan filosofi Hindu-Buddha.

Tak hanya itu, Candi Muaro Jambi juga dijadikan sebagai situs purbakala yang diyakini sebagai salah satu pusat pengembangan agama Buddha di masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Membuantnya dapat dijadikan sebagai aset yang dapat dimanfaatkan di bidang ilmu pengetahuan, kebudayaan, pariwisata, sosial, agama, dan ekonomi.