Peserta Kartu Prakerja Gelombang I Bakal Terima Insentif Rp600 ribu Pekan ini

29 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Penerima kartu prakerja gelombang pertama telah mendapat manfaat senilai Rp3,55 juta. Dari uang itu, dana insentif sebesar Rp600 ribu akan cair dalam waktu dekat.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, program kartu prakerja gelombang pertama belum tuntas.

Penerima kartu baru mendapat insentif antara 5 hingga 7 hari kerja setelah menyelesaikan satu pelatihan kerja.

"Mereka yang telah menyelesaikan pelatihan yang berhak mendapat dana insentif," tutur Denni, Rabu 29 April 2020.

"Mungkin pekan ini, paling lambat hari Jumat, mulai teman-teman yang 168.111 peserta di mana 110.000 sudah mengambil pelatihan, itu yang kemudian akan mulai menerima Rp600 ribu insentif pasca pelatihan," sebutnya.

Denni mengatakan, satu bulan setelah peserta melakukan pelatihan, maka peserta tersebut harus mengisi survei pertama melalui email, dan setelah mengisi survei maka peserta berhak mendapatkan tambahan insentif Rp50 ribu.

"Jadi, kita punya data si A selesai pelatihan hari sabtu minggu lalu, maka satu bulan kemudian mereka akan kita email untuk ditanyakan kuesioner beberapa pertanyaan untuk evaluasi terhadap efektivitas atau manfaat prakerja. Itulah yang menjadi feedback dari pengguna kartu prakerja," ucapnya.

Denni menjelaskan, proses menjaring masukan memang membutuhkan waktu yang lama. "Bicara impact surveinya panjang karena itu survei dilakukan setelah T+1 bulan, T+2, T+6 bulan, jadi yang selesai bulan April nanti di bulan 10 akan menerima kusioner terakhir," tukasnya.

 

 

Sumber: CNNIndonesia