Buat Surat Edaran, Dewan Pers Imbau Perusahaan Media Bantu Jurnalis Terdampak Corona

Buat Surat Edaran, Dewan Pers Imbau Perusahaan Media Bantu Jurnalis Terdampak Corona

22 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pandemi virus corona atau Covid-19 turut berimbas kepada para wartawan dan pekerja sektor media. Dewan Pers mengingatkan agar perusahaan pers membantu jurnalis yang terdampak Covid-19.

"Sehubungan dengan keadaan tersebut, Dewan Pers menganggap penting dan mendesak upaya untuk membantu para wartawan dan pekerja pada sektor media lainnya yang terdampak krisis akibat pandemi Covid-19," ujar Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh melalui surat edaran, Rabu 22 April 2020.

Berikut 5 imbauan Dewan Pers terkait pandemi virus corona:

1. Dewan Pers mengimbau agar perusahaan pers turut membantu para karyawan yang terdampak krisis akibat pandemi Covid-19 dengan kategori sebagaimana dijelaskan di atas untuk memperoleh bantuan Jaring Pengaman Sosial.

2. Dewan Pers mengimbau agar asosiasi wartawan/jurnalis turut membantu para anggotanya yang terdampak krisis akibat pandemi Covid-19 dengan kategori sebagaimana dijelaskan di atas untuk memperoleh bantuan Jaring Pengaman
Sosial.

3. Bantuan yang dimaksud dapat berupa: pendataan, sosialisasi jenis-jenis program Jaring Pengaman Sosial, penjelasan syarat-syarat penerima bantuan, pendampingan pendaftaran, pengordinasian dengan instansi terkait.

4. Dewan Pers mengimbau agar perusahaan pers dan asosiasi wartawan/jurnalis untuk berkoordinasi dengan Dewan Pers terkait dengan permasalahan di atas.

5. Dewan Pers akan membantu berkoordinasi dengan kementerian terkait jika muncul masalah-masalah prinsipil dalam upaya penyelenggaraan Jaring Pengaman Sosial untuk pekerja media sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Perusahaan pers dan asosiasi wartawan/jurnalis juga diharapkan tetap berkoordinasi dengan Dewan Pers. Hal itu akan memudahkan koordinasi selanjutnya dengan kementerian terkait.

 

 

Sumber: Detik.com