147 WNA Jamaah Tabligh Diisolasi di Masjid Sunter, 13 Orang Positif Covid-19

20 April 2020
Jamaah Tabligh dari luar negeri.

Jamaah Tabligh dari luar negeri.

RIAU1.COM - Ada diantara mereka positif Covid-19. Akhirnya,  Sebanyak 147 Warga Negara Asing (WNA) jemaah tablig akbar menjalani isolasi di Masjid Al-Muttaqien, Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sejak 3 April lalu, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

 

Camat Tanjung Priok, Syamsul Huda mengatakan awalnya terdapat 245 WNA jemaah tablig akbar yang diisolasi di masjid tersebut.

Mereka berasal dari berbagai negara, seperti Thailand, Bangladesh, Pakistan, India dan Butan.
 


Menurut Syamsul, 13 WNA jemaah tablig akbar yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona itu sampai hari ini masih dirawat di Wisma Atlet.

Menurut Syamsul, setelah dilakukan pemeriksaan, sebanyak 98 WNA asal Thailand yang dinyatakan negatif virus corona sudah pulang beberapa waktu lalu. Selanjutnya, jemaah asal Pakistan akan dipulangkan besok, Selasa (21/4).

"Besok 46 orang jemaah asal Pakistan akan dipulangkan," kata Syamsul seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (20/4).

Syamsul menyatakan ratusan WNA itu juga sudah menjalani rapid test terkait virus corona pada 3 April lalu. Berdasarkan hasil rapid test tersebut, 30 WNA jemaah tablig dinyatakan positif virus corona.

Mereka yang positif kemudian dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran. 30 WNA itu selanjutnya melakukan tes swab PCR. Hasilnya 13 WNA jemaah tablig tersebut positif terinfeksi virus corona.

"Setelah dilakukan swab di Wisma Atlet ternyata 17 orang dinyatakan negatif," ujar Syamsul.


Syamsul menyatakan ratusan WNA yang diisolasi di Masjid Al-Muttaqien dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan gejala yang berat.

Selama masa isolasi di Masjid Al-Muttaqien, kebutuhan makanan dan logistik telah disediakan oleh pengurus masjid.

Menurutnya, ratusan WNA itu pun ditempatkan di pondok di belakang masjid, sehingga minim kontak dengan orang luar.
 
"Isolasi mandiri di masjid itu tempatnya di pondok belakang masjid, tidak ada jemaah yang kabur, semuanya diawasi dan aman," katanya.

Sampai kemarin, Minggu (19/4), jumlah pasien positif terpapara virus corona di Indonesia secara kumulatif mencapai 6.575 orang. Dari jumlah itu, 582 orang meninggal dunia dan 686 orang lainnya dinyatakan sembuh. 

R1 Hee.