Besok, Pemerintah Kembali Buka Gelombang Kedua Kartu Prakerja

19 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Setelah menutup pendaftaran kartu prakerja gelombang pertama dengan menerima 200 ribu pendaftar, pemerintah siap membuka gelombang kedua pendaftaran kartu prakerja yang dimulai Senin 20 April 2020 pekan depan.

"Gelombang kedua dibuka sejak Senin 20 April pukul 08:00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April pukul 16:00 WIB," kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Rencananya, pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka per pekan, sampai pekan ke-4 bulan November 2020 mendatang. "Untuk tahap pertama ini setidaknya bergabung 200.000 peserta," ucapnya.

Pada tanggal 17 April kemarin, pemerintah sudah mengumumkan peserta Gelombang 1. Bagi peserta yang diterima dapat langsung membeli pelatihan yang diinginkan lewat 8 mitra platform digital. Pembayaran dilakukan menggunakan Kartu Prakerja, dengan kode unik 16 angka.

"Apabila pendaftaran belum diterima, calon peserta dapat bergabung di gelombang pendaftaran selanjutnya dan tidak perlu mengulang proses pendaftaran dari awal, tinggal pilih nanti mau bergabung di gelombang berapa," katanya.

Setiap penerima Kartu Prakerja mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3,55 juta, terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1 juta yang dapat dipergunakan untuk membeli satu atau lebih pelatihan di mitra platform digital.

Dana insentif akan ditransfer melalui rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif tersebut terdiri dari 2 bagian. Pertama, insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp2,4 juta terdiri dari Rp600 ribu per bulan.

Sedangkan bagian kedua, insentif pasca pengisian, yaitu survei evaluasi sebesar Rp50 ribu per surveinya, dengan 3 survei yang memiliki total Rp150 ribu. Pendaftaran Program Kartu Prakerja bisa diakses melalui situs www.prakerja.go.id.

 

 


Sumber: CNBCIndonesia