Pemerintah Akhirnya Geser Libur Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri ke Bulan Desember 2020

Pemerintah Akhirnya Geser Libur Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri ke Bulan Desember 2020

9 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy resmi menggeser waktu cuti bersama Hari Raya Idul Fitri ke bulan Desember 2020 mendatang.

Muhadjir menuturkan, hal itu keputusan rapat pada hari Kamis 9 April 2020. Dalam rapat diputuskan, cuti bersama untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri ditiadakan pada Mei 2020.

Namun, dikarenakan kondisinya saat ini Tanah Air sedang dilanda pandemi virus Corona, maka cuti bersama Hari Raya Idul Fitri pun dipindah.

"Libur cuti bersama hari Raya Idul Fitri digeser pada bulan Desember. Tanggal 28 Desember sampai 31 Desember 2020," kata Muhadjir.

Meski begitu, Muhadjir belum menjawab alasan bulan Desember dijadikan bulan pengganti untuk cuti bersama Hari Raya Idul Fitri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mewacanakan untuk mengganti hari libur nasional Idul Fitri di hari lain, menyusul terjadinya pandemi virus corona.

Dalam rapat terbatas bersama menterinya, Jokowi mengatakan penggantian atau pergeseran hari libur itu merupakan salah satu skenario pemerintah untuk mengantisipasi arus mudik nanti.

Selain itu, Jokowi menginginkan menterinya memberikan fasilitas arus mudik kepada masyarakat dan penggratisan tempat wisata di daerah pada pengganti hari libur nasional nantinya. "Ini bisa dibicarakan," kata Jokowi.

Skenario lain untuk melakukan pembatasan pergerakan orang, Jokowi meminta adanya penerapan protokol kesehatan yang lebih tegas dan disiplin untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

 


Sumber: Suara.com