Pemkab Tanah Datar Siapkan Rp7 miliar Tangani Virus Corona

31 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) sudah menyiapkan dana sebesar Rp7 miliar untuk penanganan virus corona atau Covid-19.

Sekrdakab Tanah Datar, Irwandi menuturkan, uang senilai Rp7 miliar tersebut termasuk ke dalam dana Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Tanah Datar.

"Pimpinan daerah sudah menyetujui penganggaran awal yang menggunakan Dana BTT APBD Tanah Datar sebesar Rp7 miliar lebih," ucapnya, Selasa 31 Maret 2020.

Irwandi menuturkan, dana BTT ini akan dipakai untuk membeli sejumlah hal pokok terutama Alat Pelindung Diri (APD) lengkap termasuk masker untuk tim medis.

Selain itu, dana BTT ini juga akan digunakan untuk membiayai operasional posko-posko hingga ke kecamatan dan posko-posko pintu masuk Tanah Datar.

"Juga termasuk untuk biaya edukasi masyarakat, insentif bagi petugas. Diharapkan satu atau dua hari ini bisa dicairkan,” tuturnya.

Irwandi melanjutkan, untuk membeli sejumlah keperluan mendesak ini tetap akan mengacu pada proses pengadaan barang dan jasa.

"Tapi, bila sebelumnya untuk pembelian Rp200 juta ke atas harus dengan mekanisme lelang, karena situasi yang cukup urgent bisa penunjukkan langsung oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)," terangnya.

Seperti yang diketahui, Kabupaten Tanah Datar sudah terdapat 174 orang ODP, 4 orang PDP dan satu pasien positif Covid-19 yang sudah diisolasi di RS Achmad Muchtar Bukittinggi.

 


Sumber: Republika