Pemerintah Minta Buat Ventilator untuk Tangani Corona, Ini Kata Sejumlah Produsen Otomotif di Indonesia

Pemerintah Minta Buat Ventilator untuk Tangani Corona, Ini Kata Sejumlah Produsen Otomotif di Indonesia

28 Maret 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Wacana permintaan Pemerintah agar produsen otomotif membuat ventilator untuk pasien virus corona atau Covid-19 sudah sampai ke sejumlah pabrikan, salah satunya Toyota yabg memiliki pabrik di Indonesia.

Toyota mengaku sudah melakukan diskusi dengan pihak terkait dan sedang mengkaji kemungkinan memenuhi kebutuhan akan alat medis tersebut.

"Sudah ada (diskusi). Kita pelajari dulu mana yang bisa kita kerjakan. Belum bisa disimpulkan," kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam, Sabtu 28 Maret 2020.

Hal senada juga diungkapkan Daihatsu, yang juga akan mempelajari terlebih dahulu apa upaya yang dapat dibantu dalam pengadaan ventilator di Indonesia.

"Sampai saat ini kami masih pelajari," ucap Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.

Sementara itu, Gaikindo sebelumnya juga telah mengatakan bantuan tersebut bisa dilakukan. Namun, ada banyak hal yang perlu disiapkan karena tidak bisa sembarangan industri otomotif mendadak buat alat medis.

"Jadi intinya kami akan dukung keinginan Kemenperin, tapi kami butuh ada perusahaan yang buat ventilator memberikan blueprint, alih teknologi, teknikal people-nya, standar proses, kualitas bahan bakunya, akses terhadap suplier-nya, terus setup standar kebersihan," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi.

 


Sumber: Detik.com