Luhut: Presiden Siapkan Figur Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru Setingkat Menteri

Luhut: Presiden Siapkan Figur Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru Setingkat Menteri

27 Februari 2020
Ilustrasi lokasi ibu kota baru di Penajam Paser Utara.

Ilustrasi lokasi ibu kota baru di Penajam Paser Utara.

RIAU1.COM - Pemerintah terus menggesa persiapan pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Termasuk Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru, yang setingkat menteri. 

 

Seperti dilansir CNN Indonesia, Kamis, 27 Februari 2020,  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan,  menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo  sedang menyiapkan sosok kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru. 

"Badan otorita ini setingkat menteri dan saya kira segera ada UU-nya. Nanti Presiden menyiapkan siapa menteri di Badan Otorita. Sedang difinalisasi," katanya dikutip dari Antara, Rabu (26/2)

Ada tiga klaster di ibu kota baru nanti, yakni klaster pemerintah, klaster perumahan dan perkantoran serta klaster infrastruktur/fasilitas publik dan ICT.


Di klaster pemerintah, mulai pendanaan, kepemilikan tanah dan aset menjadi kewenangan pemerintah Indonesia.

Sementara itu di klaster perumahan dan perkantoran serta klaster infrastruktur atau fasilitas publik dan ICT, pendanaannya dapat kerja sama dengan swasta melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Loading...


Dalam hal ini, pemerintah dapat menjual atau memberikan konsesi lahan kepada swasta sehingga pengelolaan aset dapat dilakukan swasta.

Luhut menjelaskan bangunan pemerintah akan dibiayai sepenuhnya oleh APBN.

 

"Sementara itu hiburan, pendidikan, resort, kesehatan, pusat keuangan di ibu kota baru ini kami kasih sektor swasta. Private sector yang mau masuk sini macam-macam, banyak sekali yang berminat masuk di sini," pungkasnya.

R1 Hee.