Said Didu 'Murka', Menteri Nadiem Izinkan Bayar SPP Sekolah Pakai Gopay

Said Didu 'Murka', Menteri Nadiem Izinkan Bayar SPP Sekolah Pakai Gopay

19 Februari 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu tak sejutu dengan gebrakan yang dibuat oleh pendiri srartup GoJek sekaligus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim soal pembayaran SPP sekolah menggunakan Gopay.

Menurutnya metode terbarukan ini jelas-jelas lahir karena konflik kepentingan serta melanggar peyelegaraan manajemen pembangunan yang solid.

Pernyataan ini disampaikannya melalui akun media sosial Twitter @msaid_didu, Rabu, 19 Januari 2020.

" Wahai para buzzeRp saya tdk peduli kalian, krn penunjukan Go Pay oleh Mendikbud utk pembayaran SPP jelas konflik kepentingan dan melanggar Good Governance. Saya yakin masih banyak orang seperti saya yg tidak rela negerinya diacak-acak seenaknya," imbuhnya.

Dinukil dari wartaekonomi.co.id, pembayaran SPP sekolah menggunakan Gopay ini hanya dapat menggunakan layanan GoBills. Tak hanya SPP, kebutuhan lainnya seperti biaya buku, seragam sampai kegiatan ekstrakulikuler dapat menggunakan metode pembayaran jenis ini.

Berikut tata cara pembayaran SPP dan biaya pendidikan lain menggunakan Gopay:

1. Buka aplikasi Gojek, pilih GoBills
Jika layanan GoBills tak tersedia di halaman utama aplikasi, pilih menu 'lainnya/more', kemudian klik submenu 'pembayaran/payment' dan pilih GoBills.

2. Pilih kategori 'sekolah/schools'
Terdapat ratusan institusi di dalam kategori tersebut. Untuk memudahkan pencarian, pengguna bisa memanfaatkan kolom 'cari' di bagian atas halaman.

Loading...

3. Pilih instansi pendidikan
Masukkan nama instansi pendidikan di kolom pencarian, contohnya: Pesantren Assalamah Depok.

4. Masukkan nomor induk
Pengguna memerlukan nomor induk siswa/mahasiswa sesuai instansi untuk melakukan pembayaran.

5. Periksa jumlah tagihan
Selanjutnya, akan muncul nominal tagihan yang mesti dibayarkan oleh pengguna. Pastikan juga jumlah saldo Gopay cukup untuk membayar tagihan.

6. Masukkan PIN
Pengguna perlu memasukkan PIN rahasianya untuk mengonfirmasi pembayaran, sama seperti transaksi-transaksi Gopay saat membeli makanan di mitra penjual Gojek.

7. Pembayaran berhasil
Di akhir pembayaran, pengguna akan mendapatkan bukti pembayaran digital.