Sejarah Hari Ini: Lahirnya Ulama Tersohor Buya Hamka

Sejarah Hari Ini: Lahirnya Ulama Tersohor Buya Hamka

17 Februari 2020
Ilustrasi Buya Hamka (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi Buya Hamka (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Seorang ulama, sastrawan, sejarawan dan politikus yang berani mengeluarkan fatwa haram menikah lagi kepada Presiden Soekarno, Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan Hamka lahir tepat di hari ini tahun 1908.

Dia dilahirkan di kampung halaman di Maninjau, Sumatera Barat dan wafat di Jakarta, 24 Juli 1981 pada usia 73 tahun dinukil dari bio.or.id, Senin, 17 Februari 2020.

Nama depan Buya dari dirinya merupakan istilah kepada orang bersuku Minangkabau, diambil dari bahasa Arab yaitu abi yang artinya ayahku atau seorang yang dihormati.

Selama hidupnya, Hamka telah melahirkan buah karya seperti Tafsir Al-Quran 30 juz. Salah satu dari 118 lebih karya yang dihasilkan Hamka meliputi bidang kajian politik, sejarah Islam, budaya Minangkabau dan akhlak.

Loading...

Hamka juga menyandang gelar penghargaan seperti Doctor Honoris Causa dari Universitas al-Azhar Cairo tahun 1958, Doctor Honoris Causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia tahun 1958 dan Gelar Datuk Indono dan Pengeran Wiroguno dari pemerintah Indonesia.