Dekan FK UI: Pasien Terinfeksi Virus Corona Bisa Sembuh, Ini Tips Pencegahan

Dekan FK UI: Pasien Terinfeksi Virus Corona Bisa Sembuh, Ini Tips Pencegahan

29 Januari 2020
Penduduk China di Beijing memakai masker waspada virus corona.

Penduduk China di Beijing memakai masker waspada virus corona.

RIAU1.COM - Penyebaran virus corona di China semakin mengkhawatirkan. Belasan negara di dunia sudah terkena virus tersebut. 

Hingga Rabu 29 Januari 2020, lebih 5.000 orang terinfeksi virus corona, dan sebanyak 132 orang meninggal dunia.

Tapi, berdasarkan data ada juga sekitar 60 an orang yang dinyatakan pulih dari virus tersebut.

 

Dekan Fakultas Kedokteran UI Prof Ari Fahrial Syam mengatakan hal tersebut karena pasien yang terinfeksi virus corona seperti juga pada pasien terinfeksi DHF akan sembuh sendiri, asalkan jangan sampai kena komplikasi.

Menurutnya, kunci pengobatan adalah mempertahankan daya tahan tubuh sehingga virus tidak berkembang dan akan hilang di dalam tubuh kita.

"Seperti juga virus influenza kita tdk berikan anti virus istirahat cukup akan sembuh," ujarnya, seperti dilansir bisnis.com, Rabu, 29 Januari 2020.

Dia juga memberikan tips bagi masayarakat yang yang akan berkunjung atau transit di China agar terbebas dari ancaman penularan virus tersebut.

Berikut tipsnya :

1. Tetap makan dan minum cukup.

Termasuk mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Harus dipastikan bahwa kita selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang higienis. Diusahakan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan fresh.

Menghindari makanan dan minuman  yang manis, gorengan, dan minuman yang dingin yang bisa merangsang iritasi tenggorokan.

Loading...

2. Memakai masker saat berada di keramaian

Selama berada di China, terutama jika sedang berada di kerumunan, sebaiknya selalu menggunakan masker. Masker N95 sangat dianjurkan, karena itu untuk orang sehat dan bertujuan mencegah terhirupnya virus dan partikel halus.

3. Selalu mencuci tangan dengan sabun

Cuci tangan dengan sabun atau antiseptik cair, baik sebelum dan sesudah makan maupun setelah kontak dengan sesuatu yang juga disentuh oleh orang lain.

4. Usahakan tetap tidur cukup

Tidurlah minimal 6 jam dalam 24 jam selama berada di China.

5. Jika demam dan batuk segera mencari pertolongan dokter.

Segera konsultasi ke dokter jika mengalami demam dan batuk. Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.

R1 Hee.