Cegah Penyebaran Virus Corona, Sriwijaya Air dan Lion Air Dilarang Terbang ke Wuhan China Satu Bulan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Sriwijaya Air dan Lion Air Dilarang Terbang ke Wuhan China Satu Bulan

26 Januari 2020
Menhub Budi Karya. Foto: Detik.com.

Menhub Budi Karya. Foto: Detik.com.

RIAU1.COM -Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang penerbangan maskapai nasional dari dan ke kota Wuhan, China. Diperkirakan, larangan itu akan berlangsung hingga satu bulan lamanya.

Dilansir dari Detik.com, Minggu (26/1/2020), Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pencabutan larangan akan dilakukan jika kondisi dan situasi di Wuhan sudah kondusif. Apalagi, situasi di Wuhan saat ini masih krusial dan ditutup.

"Mungkin diperkirakan bisa sampai tiga pekan atau satu bulan, kalau melihat apa yang terjadi di Wuhan. Kalau di Wuhan sudah jelas, tidak ada penerbangan dari dan ke Wuhan. Kemarin Lion Air sempat akan mengembalikan penumpang, namun di Wuhan sudah ditutup jadi penerbangan yang kembali juga kosong," katanya.

Berkaitan dengan kota-kota China lainnya, Kementerian Perhubungan akan membahas hal tersebut dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri terhadap perkembangan yang terjadi di China.

Sebelumnya, Kemenhub melarang penerbangan maskapai nasional dari dan ke kota Wuhan, China untuk sementara waktu demi menghadang penyebaran virus corona yang mirip sekali dengan pneumonia. Pelarangan ini merupakan tindaklanjut dari NOTAM G0108/20 yang diterbitkan oleh International Notam Office Beijing. Adapun maskapai nasional yang memiliki rute penerbangan ke Wuhan adalah Sriwijaya Air dan Lion Air.

"Kami telah melakukan koordinasi intensif kepada seluruh maskapai penerbangan di Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus pneumonia masuk ke Indonesia melalui aktifitas penerbangan," jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Pramesti dalam keterangan resminya, Jumat (24/1/2020).