Waspada, BMKG Ingatkan Hujan Lebat Disertai Petir di Jakarta Hingga 23 Januari

Waspada, BMKG Ingatkan Hujan Lebat Disertai Petir di Jakarta Hingga 23 Januari

21 Januari 2020
Ilustrasi banjir di jalan akibat hujan deras.

Ilustrasi banjir di jalan akibat hujan deras.

RIAU1.COM - Masyarakat diminta waspada banjir. Hujan deras disertai petir di Jakarta terjadi hingga 23 Januari 2020.

Badan Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika (BMKG),  mengeluarkan peringatan hujan lebat disertai petir akan terjadi di wilayah DKI Jakarta hingga Kamis (23/1).

 

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari," demikian pernyataan peringatan dini yang disampaikan BMKG, Selasa (21/1), seperti dilansir CNN Indonesia. 

BMKG memperkirakan hujan petir mulai pagi serta hujan lokal di siang hari dengan suhu udara berkisar 24 hingga 32 derajat Celcius serta kelembapan udara 80 sampai 95 persen akan terjadi di Jakarta Timur.

Sementara di wilayah Jakarta Selatan akan terjadi hujan pada siang hari dengan suhu berkisar 24 hingga 32 derajat Celcius serta kelembapan udara 80 sampai 95 persen.


Hujan juga diperkirakan mengguyur wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, hingga Kepulauan Seribu mulai pagi hari.

Jakarta Pusat dan Jakarta Utara juga dibayangi hujan petir pada pagi hari dengan suhu berkisar 25 hingga 31 derajat Celcius, kelembapan udara 85 sampai 95 persen.

BMKG mencatat hujan lebat disertai petir di DKI karena situasi sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata yang saat ini masih teridentifikasi aktif.

Kondisi itu menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

Loading...

 

"Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan," demikian dikutip dari www.bmkg.go.id.

R1 Hee.