250 Warga Keracunan Ikan Tongkol, Diskes Jember Siapkan 50 Puskesmas dan 13 Rumah Sakit

250 Warga Keracunan Ikan Tongkol, Diskes Jember Siapkan 50 Puskesmas dan 13 Rumah Sakit

3 Januari 2020
Warga Jember menjalani perawatan akibat keracunan usai konsumsi ikan tongkol

Warga Jember menjalani perawatan akibat keracunan usai konsumsi ikan tongkol

RIAU1.COM - Ratusan warga Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) mengalami keracunan usai mengonsumsi ikan tongkol saat perayaan malam pergantian tahun baru 2020, Selasa 31 Desember 2019 lalu.

Dinas Kesehatan (Diskes) Jember mencatat, ada sekitar 250 orang yang menderita keracunan dan tengah mendapatkan perawatan medis untuk pemulihan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember, Dyah Kusworini mengatakan, sebagian besar pasien korban keracunan tongkol itu keluhannya diawali dengan gatal, panas dalam tubuh, pusing dan mual.

"Ada yang muntah, dan membuat badan gemetar, sehingga pasien yang mengalami sakit agak parah langsung dilarikan ke puskesmas terdekat," ujar Dyah, Kamis 2 Januari 2020, Dilansir Republika.co.id, Jumat 3 Januari 2020.

"Apabila masyarakat merasa ada gangguan kesehatan seperti itu, maka diimbau untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat. Jika memerlukan angkutan untuk ke puskesmas akan disiapkan ambulans, tinggal hubungi 425-222," sebutnya.

Dyah menyebut, sebanyak 50 puskesmas sudah disiapkan untuk pengobatan, termasuk di 13 rumah sakit di Jember disiagakan untuk menerima rujukan pasien, dan gratis tanpa dipungut biaya.

"Penyebab pasti keracunan ikan tongkol, namun kandungan apa yang meracuni itu masih menunggu hasil laboratorium. Karena kami tidak mencurigai adanya bahan-bahan lain," tukasnya.