Agus Salim, Asap Kretek Dan Pangeran Inggris

Agus Salim, Asap Kretek Dan Pangeran Inggris

14 Desember 2019
Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

RIAU1.COM - Pengalaman Agus Salim selama masa perjuangan diplomasi ternyata membawa cerita tersendiri bagi Indonesia dimata dunia.

Terutama saat Agus salim membuat bungkam suami Elizabeth II, Duke of Edinburgh dinukil dari historia.id, Minggu, 14 Desember 2019.

Saat itu Agus Salim dipercaya pemerintah Indonesia untuk menghadiri acara-acara penting.

Pada 1953 dia bersama Sri Paku Alam dan Duta Besar Republik Indonesia di Inggris hadir dalam upacara perayaan penobatan Ratu Elizabeth II.

Acara perjamuan di Westminister Abbey, London, Inggris tersebut dihadiri banyak tokoh penting dari berbagai negara.

Pada suatu kesempatan, sambil berbincang-bincang santai, Agus Salim menyalakan sebatang rokok kretek yang dibawanya dari Indonesia.

Ketika asap rokok kretek Agus Salim memenuhi ruangan perjamuan Duke of Edinburgh, suami Elizabeth II, melakukan protes. Ia keberatan dengan keberadaan aroma yang menurutnya tidak mengenakan itu.

Loading...

Bukannya tersinggung, dengan tenang Agus Salim mendekat lalu menjawab.

" Yang Mulia, bau tidak sedap itu adalah bau rokok kretek yang sedang saya hisap yang dibuat dari tembakau dan cengkih. Boleh saja Yang Mulia tidak menyukainya. Tapi justru bau inilah yang menarik minat pelaut-pelaut Eropa datang ke negeri kami tiga abad yang lalu," tegasnya.

Jawaban Agus Salim itu membuat sang pangeran terdiam dan tak bisa membalas bantahan Agus Salim. Ia memutuskan tidak melanjutkan pertanyaannya.

Sambil mencairkan suasana, ia meminta seluruh hadirin menikmati acara dan melanjutkan aktifitas yang sedang dilakukan.