Erick Thohir Tuntut Diakhirinya Pelecehan Seksual Dalam Lingkungan BUMN di Tengah Skandal Garuda Indonesia

13 Desember 2019
Erick Thohir

Erick Thohir

RIAU1.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memerintahkan BUMN untuk memberikan lebih banyak perlindungan bagi karyawan wanita untuk memastikan mereka tidak lagi menghadapi pelecehan seksual di industri yang didominasi pria.

Pernyataan menteri tersebut datang di tengah dugaan maskapai berbendera negara eksekutif Garuda Indonesia telah mengeksploitasi secara seksual dan melecehkan pramugari maskapai penerbangan.

“Di masa yang akan datang, kami akan memastikan tidak ada pelecehan seksual terhadap karyawan wanita di BUMN. Kita tidak bisa membiarkan wanita menjadi korban pelecehan dari tindakan yang tidak dapat diterima seperti itu, ”kata Erick, Kamis, 12 Desember 2019.

"Wanita berhak menerima perlindungan yang jelas, terutama dari pemimpin yang tidak terhormat," tambahnya.

Garuda Indonesia ? yang baru-baru ini presiden direkturnya Ari Ashkara dipecat dan empat direktur diskors karena dugaan keterlibatan mereka dalam penyelundupan sepeda motor Harley-Davidson dan sepeda lipat Brompton kelas atas di atas pesawat yang dikirim dari Perancis ? telah tersandung skandal yang berkaitan dengan dugaan pelecehan seksual dalam perusahaan.

Seorang pengguna Twitter di bawah kendali @digeeembok, baru-baru ini membuat serangkaian tweet yang menyatakan bahwa pramugari Garuda dipaksa untuk berhubungan seks dengan direktur dan pejabat tingkat tinggi.

Kicauan tersebut menulis bila Ari, Heri Akhyar ? salah satu direktur yang diberhentikan ? dan eksekutif Garuda Roni Eka Mirsa adalah "trio berlendir", sambil menuduh bahwa Roni telah bertindak sebagai "penyedia" pramugari dalam skema dugaan prostitusi.

Erick mengakui saat ini tidak ada undang-undang khusus yang menetapkan hukuman bagi eksekutif BUMN yang terbukti melakukan eksploitasi tersebut, namun ia membuka kemungkinan pemberhentian pejabat.

"Saya melihat adanya kemungkinan untuk memecat mereka jika karyawan wanita menghadapi pelecehan seksual," katanya.

Roni telah mengajukan laporan terhadap pengguna Twitter @digeeembok ke polisi dan menuduh yang terakhir pencemaran nama baik, lapor kompas.com.

 

 

 

R1/DEVI