Ketika Sukarno Pertama Kali Teriakkan Ganyang Malaysia

Ketika Sukarno Pertama Kali Teriakkan Ganyang Malaysia

10 Desember 2019
Ilustrasi Sukarno [Foto: Istimewa/internet]

Ilustrasi Sukarno [Foto: Istimewa/internet]

RIAU1.COM - Puluhan ribu rakyat Yogyakarta menjadi saksi ketika Presiden RI Sukarno meneriakkan dengan lantang ganyang Malaysia.

Peristiwa itu terjadi 23 September 1963. Teriakan itu langsung disambut antusias dan histeris oleh massa dinukil dari historia.id, Selasa, 10 Desember 2019.

Ternyata itulah awal aksi konfrontasi antara Indonesia-Malaysia. Pertikaian ini bermula dari penolakan Indonesia terhadap pendirian Federasi Malaysia. 

Indonesia menilai, pembentukan tersebut sebagai bentuk persekongkolan kolonialis. Serta membahayakan Indonesia yang baru saja merdeka.

Sukarno merasa Inggris yang menjadi dalang saat itu telah melangkahi Indonesia dalam proses pendirian Malaysia.

Inggris tidak siap kehilangan sumber uang dari Malaya (nama lama dari Malaysia), Singapura, dan Kalimantan Utara (Brunai). 

Loading...

Malaya penghasil timah, karet, dan minyak kelapa sawit. Sedangkan Brunai merupakan tambang minyak dan Singapura merupakan pelabuhan transit yang bisa dijadikan pusat kendali kekuasaan maupun ekonomi.

Pada 17 September 1963 Malaysia memutuskan hubungan diplomatiknya karena merasa tak terima dengan penolakan keras Indonesia.

Sementara Indonesia menghentikan hubungan dagang dengan Malaysia pada 23 September 1963.